alexametrics

Wakapolri: H+3 Arus Mudik Masih Lebih Besar Dibanding Arus Balik

18 Juni 2018, 21:05:10 WIB

JawaPos.com – Arus balik paska libur Hari Raya Idul Fitri telah dimulai. Tapi situasi arus balik ini terbilang belum menunjukan kenaikan signifikan. Baik dari sisi angkutan darat, laut bahkan udara.

Hal itu disampaikan oleh Wakapolri, Komjen Pol Syafruddin. Setelah mengunjungi pelabuhan Merak, Bandara Soekarno Hatta dan diakhiri Stasiun Gambir, ia belum melihat kenaikan intensitas arus balik.

“Sampai hari ini hari senin ya arus balik belum signifikan walau belum ada peningkatan. Saya mengunjungi 3 tempat yaitu pelabuhan merak, bandara Soekarno Hatta dan stasiun gambir,” ujar Syafruddin di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/6).

Wakapolri: H+3 Arus Mudik Masih Lebih Besar Dibanding Arus Balik
Ilustrasi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Dok. JawaPos.com)

Syafruddin menuturkan di H+3 ini arus mudik justru terpantau masih padat. Bahkan bisa disebut arus mudik ini intensitasnya masih lebih besar dibanding arus baliknya.

“Bahkan masih arus mudik. Di Merak juga begitu arus mudiknya masih besar dibanding arus balik, di bandara juga,” terangnya.

Syafruddin sendiri menduga terjadi kelenggangan arus balik dikarenakan lamanya waktu libur Idul Fitri. Sehingga arus balik tidak terfokuskan pada hari yang sama.

Panjang waktu libur itu juga berpengaruh kepada arus balik. Kendati cuti bersama telah dimulai lebih dari sepekan lalu, namun para pemudik banyak memutuskan kembali ke kampung halaman paska hari raya guna menghindari kemacetan.

“Ini karna waktu liburannya panjang,” pungkas Syafruddin.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Wakapolri: H+3 Arus Mudik Masih Lebih Besar Dibanding Arus Balik