alexametrics

Segarnya Buka Puasa dengan Segelas Es Alpukat, Jeruk, dan Kelapa

16 Mei 2019, 15:29:07 WIB

JawaPos.com – Paling segar saat buka puasa minum es yang segar untuk menghapus rasa dahaga setelah sehari berpuasa. Minuman es lebih sehat jika dicampur dengan buah-buahan segar. Ditambah dengan rasa manis, bisa memulihkan energi setelah seharian berpuasa.

Chef Bungkus Subagyo dari Hotel Aston Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center, membuat resep minuman segar yang mudah dan cepat. Dengan 3 jenis buah sudah cukup membuat minuman tersebut menggoda untuk diseruput.

“Ini seperti es teler, saya membuatnya dengan 3 buah yaitu alpukat, jeruk dan kelapa. Rasanya segar untuk berbuka puasa,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Chef Bungkus Subagyo dengan resep es alpukat, jeruk, dan kelapa untuk buka puasa. (Dery ridwansah)

Menurutnya, baik kelapa, jeruk, dan alpukat memiliki vitamin yang baik untuk tubuh. Dia juga menyarankan agar memilih kelapa muda dan dikupas tanpa kulutnya ikut serta. Sehingga lebih lezan ketika dikunyah.

Menurut Database Nutrisi USDA, ada 322 kalori dalam alpukat (200 gram) yang lebih besar. Alpukat juga kaya akan serat. Alpukat utuh merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin E, folat, riboflavin, niasin, dan asam pantotenat yang baik. Mineral dalam alpukat utuh termasuk magnesium, kalium, tembaga, mangan, dan magnesium.

Sedangkan jeruk tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Jeruk memiliki jumlah protein minimal. Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik, untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang memiliki sifat anti-penuaan.

Lalu, apa saja bahan dan langkah yang harus dilakukan untuk membuat es tersebut?

Bahan-Bahan :

1 buah alpukat
Potongan kelapa muda
1 buah jeruk
3 sendok makan sirup merah
1 sendok makan susu kental manis
Es serut secukupnya

Cara membuat :

Cukup memasukan semua buah-buahan dalam gelas. Kemudian tambahkan es serut di atasnya. Siram dengan sirup dan susu. Sajikan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads