Sedang Sahur Tiba-tiba Terdengar Suara Azan, Sah atau Batal Puasanya?

16 April 2022, 05:00:56 WIB

JawaPos.com – Dalam melaksanakan ibadah sahur, Islam menganjurkan untuk mengakhirkannya. Hal ini bertujuan bukan semata mata supaya kita tidak terlalu merasakan haus dan dahaga pada siang hari di bulan Ramadan. Mengakhirkan sahur juga menjadi batasan dan pertanda dimulainya ibadah puasa.

Dalam praktek di kehidupan sehari-hari, terkadang keinginan untuk mengakhirkan sahur malah kelewat. Tiba-tiba saja terdengar suara azan berkumandang pada saat kita sedang asik bersantap sahur. Apalagi misalnya kita bangun tidur terlambat, tidak melihat jam, dan langsung bersantap sahur dengan kondisi setengah sadar.

Pertanyaannya kemudian, batal atau sah kah puasa kita saat melaksanakan ibadah sahur dan tiba-tiba terdengar suara azan Subuh?

Dosen Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an (PTIQ), Dr. Abdul Muid Nawawi mengatakan, sahur yang dilakukan bersamaan dengan waktu azan Subuh tetap sah puasanya. Dengan catatan, yang bersangkutan memang tidak mengetahuinya. Orang itu tidak tahu saat bersantap sahur sudah memasuki waktu Subuh.

“Kalau misalnya tidak tahu, sahur tiba tiba azan Subuh, dimuntahkan saja makanan yang terlanjur dimakan dan dilanjut berpuasa tidak apa apa,” kata Abdul Muid Nawawi kepada JawaPos.com.

Tapi lain halnya apabila dia sudah mengetahui dan menyadari akan segera masuk azan Subuh. Misalnya dia tahu bangun untuk sahur terlambat, tapi dia tetap memaksakan diri makan sahur meskipun sudah mau azan Subuh. Baru saja memulai bersantap sahur, azan Subuh berkumandang. Maka dalam hal ini, puasa yang dilakukannya menjadi tidak sah.” Tapi kalau tahu ya batal,” ucapnya lebih lanjut.

Abdul Muid Nawawi menyarankan orang yang melaksanakan ibadah sahur di akhir waktu sebaiknya berhati-hati. Dia meminta untuk memperhatikan waktu supaya tidak kelewat. “Pada waktu mau azan Subuh biasa tidak ada suara apa apa yang terlalu mengganggu. Sehingga perlu kehati hatian banget,” tuturnya lebih lanjut.

Namun lain halnya jika bersantap sahur tiba-tiba terdengar dari pengeras suara masjid atau mushala dinyatakan masuk waktu imsak. Sahur pada waktu imsak tidak apa-apa tapi harus cepat-cepat untuk mengakhirinya. Sebab antara imsak dan waktu Subuh jaraknya sangat pendek.

Kata imsak sendiri berarti menahan. Itu hanya semacam peringatan untuk bersiap siap dimulainya berpuasa karena sebentar lagi akan masuk waktu Subuh atau fajar akan sehera terbit dari ufuk timur. Terbitnya fajar sendiri menjadi awal dimulainya ibadah puasa.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: