JawaPos Radar

Wali Kota Solo Ingatkan Warga Soal Sampah Saat Lebaran

15/06/2018, 08:28 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Wali Kota Solo Ingatkan Warga Soal Sampah Saat Lebaran
SAMPAH: Sampah koran berserakan di tempat salat Id. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Saat pelaksanaan salat Id banyak masyarakat yang menggunakan alas berupa kertas koran untuk salat. Tetapi, setelah selesai salat mereka tidak serta merta membawa pulang kertas koran atau sekadar memasukkannya ke tempat sampah. Akibatnya, setiap usai pelaksanaan salat banyak sampah kertas koran yang berserakan. Kondisi ini marak terjadi di setiap lokasi pelaksanaan salat Id.

Kondisi ini salah satunya karena minimnya kesadaran masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungannya. Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo sudah mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Rudy tidak mau nantinya ada sampah yang berserakan hingga ke jalanan. "Masyarakat juga harus ikut menjaga kebersihan, jangan sampai sampai ke jalanan, itu memalukan," ucapnya kepada JawaPos.com, Jumat (15/6).

Sementara itu, guna menjaga kebersihan selama Lebaran ini, Pemkot Solo menerjunkan ratusan pasukan kuning. Para petugas kebersihan ini akan disiagakan mulai dari pagi sampai malam hari. Untuk pembagiannya, para petugas kebersihan ini akan bekerja dengan terbagi tiga sif. "Mereka akan bertugas untuk melakukan pembersihan sampah saat libur lebaran. Mereka juga yang akan mengangkut sampah mulai dari tempat pembuangan sementara sampai ke TPA Putri Cempa," ucapnya.

Rudy juga meminta kepada pihak kelurahan agar tidak meliburkan petugas sampah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah lingkungan. Jika hal itu terjadi maka, tumpukan sampah di perkampungan akan menyebabkan kawasan terlihat kumuh dan juga menimbulkan bau tidak sedap. "Petugas sampah di kelurahan jangan diliburkan semua. Jadi ada yang tetap bertugas untuk mengangkut sampah," ucapnya. 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up