JawaPos Radar

Ribuan Jamaah Padati Pelataran Masjid Agung Bojonegoro

15/06/2018, 09:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Ribuan Jamaah Padati Pelataran Masjid Agung Bojonegoro
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan Hari Raya Idul Fitri 2018 jatuh pada, Jumat (15/6). Menyambut lebaran, ribuan masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Agung Darussalam, Bojonegoro Kota.

Jamaah salat yang datang dari berbagai daerah, tidak hanya menggunakan fasilatas di dalam masjid. Namun, tidak sedikit masyarakat menempati ruas Jalan Hasyim Ashari hingga nasuk ke taman alun-alun. Mereka membentangkan sajadah dan koran untuk mengikuti salat Idul Fitri dengan khusuk.

Lantaran ribuan jemaah umat muslim dari Bojonegoro dan sekitarnya membanjiri masjid agung. Parkiran di sekitar alun-alun pun turut dipenuhi jamaah.

Agus Sholahuddin, Ketua Remas Masjid Agung Darussalam menuturkan, panitia sudah mempersiapkan pintu masuk bagi jamaah. Para jamaah masuk melalui pintu utara, tengah dan selatan.

"Untuk lokasi parkir disiapkan di Jalan Imam Bonjol, Pahlawan, depan pasar dan alun alun bagian selatan," kata Agus, di Bojonegoro, Jumat (15/6).

Selanjutnya, jamaah dari tiga penjuru diarahkan masuk ke dalam masjid hingga penuh dan meluber di jalan. Setiap tahun pemandangan seperti ini cukup menarik, apalagi sebagian menempati halaman air mancur alun alun.

Sebagian jamaah mengaku memilih tempat ini karena kangen dengan suasana alun alun. Alasan ini juga diungkapkan Anang, yang sudah lama tidak mudik ke Bojonegoro. "Saya sudah lima tahun tidak pulang kampung, kangen salat di tengah alun alun," tutur Anang.

Sementara itu, dalam pelaksanaan salat idul fitri yang menjadi khatib pada salat Idul Fitri 1439 H adalah Agus Sholahuddin, sedangkan imamnta Nurul Huda.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up