JawaPos Radar

Penukaran Uang Baru Masyarakat Sumbar Hampir Rp 3 Triliun

15/06/2018, 10:12 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Penukaran Uang Baru Masyarakat Sumbar Hampir Rp 3 Triliun
Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Hingga Jumat (8/6) atau batas akhir penukaran uang, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, realisasi nominal pecahan kecil pada idul fitri 1439 hijriah mencapai angka Rp2,98 triliun.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono, total pencapaian itu sudah termasuk penarikan pihak perbankan, penukaran langaung di halaman kantor BI Sumbar, dan seluruh kegiatan kas BI Sumbar yang berlangsung sejak 21 Mei sampai 8 Juni 2018.

"Jadi, itu final angka untuk semua penukaran uang selama jelang lebaran," kata Endy, Jumat (15/6).

BI Sumbar sendiri, lanjut Endy, telah menyialkan uang kartal sebesar Rp3,8 triliun selama ramadan dan lebaran. Angka ini naik 11 persen dibandingkan ketersediaan pada periode Puasa-Lebaran tahun lalu sebesar Rp 3,4 triliun.

Sementara, nominal uang yang disediakan mulai dari pecahan 500 rupiah hingga pecahan 100 ribu. "Layanan penukaran uang untuk masyarakat dilakukan di kantor BI Sumbar dan juga bekerja sama dengan Bank Nagari, BRI, BNI, Mandiri, dan BCA," katanya.

Selain di Padang, layanan penukaran uang juga dibuka BI di Kota Bukittingi dan Payakumbuh. Lalu, di kota Pariaman dan kota Solok. 

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up