JawaPos Radar

Padang - Bukittinggi Padat Lancar, Ini Kiat Dirlantas Polda Sumbar

15/06/2018, 10:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Padang - Bukittinggi Padat Lancar, Ini Kiat Dirlantas Polda Sumbar
Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Jalan Padang menuju Bukittinggi dan sebaliknya merupakan yang jalur paling "menakutkan" pengendara. Terutama pengemudi mobil. Pasalnya, setiap edisi mudik dan masa libur lebaran, jarak tempuh dalam keadaan normal yang tak sampai 2,5 jam itu, bahkan bisa menghabiskan waktu hingga 8 jam.

Kondisi tersebut hampir terjadi setiap tahun. Nyaris, omelan macet menghiasi laman media sosial (medsos) pengemudi yang melewati jalan lintas Sumatera tersebut. Atas persoalan menahun itu, Ditlantas Polda Sumatera Barat (Sumbar) fokus mengurai kemacetan di beberapa titik penyebab tersendatnya arus mudik Padang - Bukittinggi.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata mengatakan, sejak awal pihaknya memang fokus mencari cara mengurai lokasi yang berpotensi macet. Dari survey pemetaaan kerawanan macet di jalur Padang - Bukittinggi, terdapat empat titik macet utama.

Masing-masing, kawasan pasar Lubuk Alung di Kabupaten Padang Pariaman, Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar. Lalu, pasar Koto Baru di Kota Padang Panjang dan pasar Padang Luar di kota Bukittinggi sendiri.

"Untuk titik macet yang menjadi atensi itu, kita selalu berkoordinasi dengan jajaran Sat Lantas Polres setempat," kata Singgatama, Kamis malam (14/6).

Hasilnya, sejak H - 7 sampai pada malam takbiran idul fitri 1439 hijriah, lalu lintas jalur mudik Padang - Bukittinggi mampu diurai dengan cukup baik. Dengan kata lain, padat lancar dan tidak ditemukan kemacaten total di titik-titik macet yang sebelumnya dikhawatirkan.

Jarak tempuh rata-rata kendaraan dari Padang - Bukittinggi berhasil dilalui dalam tempo waktu 2,5 jam hingga 3,5 jam. "Alhamdulillah, titik macet utama masih aman dan lancar terkendali. Tidak ada sumbatan arus lalin yang mengakibatkan kemacetan total," terangnya.

Singgamata mengatakan, puncak mudik jalur darat di Sumbar (khusus Padang - Bukittinggi) memang telah teratasi dengan ketiadaan macet total. Namun, pihaknya akan akan terus ekerja keras mengantisipasi saat datangnya arus balik hingga H + 7 mendatang.

"Ya, tentu kita tetap fokus mengurai kemacaten di arus balik seperti yang kita terapkan di arus mudik," katanya. (rcc/JPC)

//Keterangan Foto//

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up