JawaPos Radar

Antisipasi Macet Saat Arus Balik, Begini Kata Tito Karnavian

15/06/2018, 11:08 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Antisipasi Macet Saat Arus Balik, Begini Kata Tito Karnavian
Kepadatan kendaraan di Tol Cikarang Utama, Jawa Barat. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menjelang puncak arus balik libur Hari Raya Idul Fitri, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau agar masyarakat dapat pulang kembali ke tempat tinggalnya secara berangsur-angsur. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya volume kendaraan saar arus balik libur Hari Raya Idul Fitri.

"Khusus arus balik ini memang lebih pendek, tanggal 18-20 Juni itu libur pemerintah. Untuk itu masyarakat harus bisa melihat dan jangan paksakan pulang di tanggal 19-20 Juni, kalau memang bisa pulang Minggu tanggal 17 Juni, kan sudah cukup panjang liburan hampir seminggu dari tanggal 8 Juni ya," kata Tito di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/6).

Tito pun menyarankan kepada masyarakat untuk dapat melihat aplikasi jalan jika ingin pulang ke tempat tinggalnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

Antisipasi Macet Saat Arus Balik, Begini Kata Tito Karnavian
Antrean kendaraan saat mudik lebaran. (Dok. JawaPos.com)

"Kalau lihat macet di aplikasi cari waktu lain untuk pulang," ujar Tito.

Bahkan, mantan Kapolda Metro Jaya ini pun menyarankan jika masyarakat belum puas berlibur dapat mengambil cuti tanbahan pada Kamis (21/6) hingga Jumat (22/6). Anjuran ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik.

"Kalau seandainya terjadi kemacetan dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI akan menjadi tekanana arus. Tol Cipali rest area sudah dipasang, kalau terjadi arus luar biasa kita one way sampai Cikarut," tutur Tito.

Oleh karena itu, Tito berharap arus balik libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini dapat menekan rendahnya volume kendaraan. Sehingga tidak terjadi tingginya antrian volume kendaraan.

"Cikarut kalau terjadi penumpukan kita buka sebesar-besarnya," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up