alexametrics

Berbuka Puasa dengan Kesegaran Es Cendol Daun Kelor

15 April 2022, 03:44:16 WIB

JawaPos.com- Berbuka puasa adalah saat sangat dinantikan setelah seharian menahan haus dan lapar. Untuk mengembalikan dahaga, minuman es cendol daun kelor khas Gresik bisa menjadi pilihan. Di Gresik, es cendol daun kelor itu antara lain dapat dijumpai di Jalan Amuntai, Ponganganrejo, Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar.

Selain menyegarkan, minuman bersantan tersebut dinilai memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sulistiawati, pemilik usaha minuman cendol tersebut, menyatakan bahwa produk minuman yang digelutinya telah berjalan sejak awal pandemi Covid-19 pada 2020 silam.

Menurut dia, es cendol itu bisa menjadi pilihan karena rasanya yang segar dan manis. Tidak hanya segar dan manis yang didapatkan. Kandungan kelor yang kaya akan vitamin A, C, dan D dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian, berpuasa selama bulan Ramadan ini bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Jika dilihat, memang seperti cendol pada umumnya. Terdapat cendol yang mendominasi isinya dengan dipadukan warna putih dari santan kelapa. Dan terdapat tambahan cincau. Namun, untuk cendol kelor tersebut, bahannya menggunakan daun kelor yang dibuat cendol.

Rasa kenyal cendol kelor itu cukup memanjakan lidah setelah seharian tidak tersentuh air. Seketika dahaga hilang saking manis dan segarnya minuman itu.

Sulis menyebutkan, selama bulan Ramadan, permintaan minuman cendol daun kelor mengalami peningkatan. Setiap hari paling tidak 100 botol terjual. Harganya pun bervariatif, mulai botol kecil Rp 10 ribu hingga botol besar Rp 35 ribu.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: