JawaPos Radar

Wali Kota Jaksel Suguhkan Budaya 'Rantang' ke Anies Saat Takbiran

14/06/2018, 22:56 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Wali Kota Jaksel Suguhkan Budaya 'Rantang' ke Anies Saat Takbiran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi makan bersama dengan rantang di malam takbiran. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebelum Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan, tidak lengkap rasanya jika belum mendengar suara takbir. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun melakukan hal tersebut dengan mengunjungi masjid-masjid di Jakarta.

Mengawali safari takbirannya, Anies pun berkunjung ke Kantor Walikota Jakarta Selatan. Pantauan JawaPos.com, Anies tiba pukul 19.23 WIB bersama Sekertaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. Namun wajahnya berseri karena nampak rantang di hadapannya.

"Wah pada bawa rantang sekarang ya. Insya Allah kita kembangakan sama-sama budaya betawa betawi kita. Mari kita merasakan menjadi tuan rumah di tanah kita sendiri," ujar Anies kepada para hadirin yang hadir di Kantor Walikota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Kamis (14/6).

Wali Kota Jaksel Suguhkan Budaya 'Rantang' ke Anies Saat Takbiran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)

Melihat respon Anies, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi pun merasa senang. Dirinya merasa berterima kasih atas kehadiran Anies untuk berkunjung bahkan makan dari rantang bersama-sama.

"Disamping takbiran kita mau budayakan masalah rantang kalau warga Betawi pasti tahu. Jadi kalau setiap Lebaran mereka mengantar rantang ke mertua baik tetangga," tutur Tri.

Menurutnya, di jaman teknologi yang super canggih masyarakat sudah lupa atas tradisi Rantang ini. Maka dari itu, dirinya pun merasa berinisiatif untuk membangun tradisi rantang kembali.

"Nah jaman now kan udah lupa orang, ini yang saya hidupkan kembali ke mereka. Budaya ini masih ada tradisi masih ada imbauan jangan lupa kepada keluarga agar membawa kepada orang-orang terdekatnya," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up