Polri Klaim Arus Mudik 2018 Mengalami Penurunan Laka Lantas

14/06/2018, 13:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kecelakaan di tol Cipali. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Menjelang H-1 Lebaran Idul Fitri, Polri meningkatkan penjagaan kamtibamas melihat banyaknya warga masyarakat yang telah pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, pengamanan arus mudik Lebaran 2018 menjadi fokus utama dari Polri.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menuturkan, hasil laporan harian situasi Kamtibmas Operasi Ketupat 2018 sampai H-2, Rabu (13/06) kemarin, tercatat telah terjadi 417 kejadian terdiri dari curat, curas, curanmor dan anirat.

"Pada laka lantas sampai dengan hari ini telah terjadi sebanyak 899 kejadian, hal ini mengalami penurunan sebanyak 420 kejadian dari tahun 2017 yaitu sebanyak 1.319 kejadian," kata Setyo melalui keterangan tertulis, Kamis (14/6).

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. (Dok. JawaPos.com)

Kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia, pada tahun ini tercatat sebanyak 193 orang, sedangkan pada 2017 lalu dengan korban meninggal dunia sebanyak 478 orang. Peristiwa ini mengalami penurunan sebanyak 285 korban jiwa.

Menurut Setyo, hingga saat ini Polri, TNI dan pihak stakeholder terkait akan terus berada di jalur mudik dan non mudik, berpatroli dari kota dan sambang ke kampung-kampung untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terbaik, menjelang lebaran dan pasca lebaran nanti.

Kegiatan pemantauan akan terus dilaksanakan hingga pasca lebaran nanti, dengan harapan memberikan jaminan kepada masyarakat agar dapat memperingati hari raya Idul Fitri dengan aman dan tentram.

"POLRI menjamin keamanan selama lebaran tahun 2018 dengan memperketat pengamanan obyek-obyek vital, sentra-sentra ekonomi, tempat-tempat wisata dan rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya," harap Setyo.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi