JawaPos Radar

Malam Takbiran, PKL Jatinegara Gelar Lapak Hingga Separuh Ruas Jalan

14/06/2018, 22:50 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Malam Takbiran, PKL Jatinegara Gelar Lapak Hingga Separuh Ruas Jalan
PKL Jatinegara, Jakarta Timur. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Malam takbiran menjadi tradisi masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri. Namun, beberapa orang masih memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan ekonomi, seperti berdagang.

Pantauan JawaPos.com di sekitar Stasiun Jatinegara, Jalan Bekasi Barat, Pisangan Baru, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (14/6) malam, para pedagang kaki lima (PKL) memadati trotoar. Bahkan, separuh jalan tertutup habis akibat lapak pedagang dan ramainya pembeli.

Hingga pukul 21.00 WIB, pengunjung semakin ramai. Tak hanya di sisi trotoar menuju Stasiun Jatinegara, tetapi juga bagian seberang tepatnya di depan Sentra Batu Akik Rawa Bening.

“Mumpung malam takbiran, habisin barang dagangan, ayo lima belas ribuan saja,” kata Jono, 51, salah satu PKL yang berjualan baju anak-anak di lokasi.

Meski begitu, lalu lintas terpantau tidak tersendat. Hal tersebut lantaran tidak banyak kendaraan yang berkeliaran di ibu kota sejak memasuki masa mudik Lebaran beberapa hari lalu.

Armada bus Transjakarta yang menuju Halte Jatinegara juga tetap beroperasi tanpa hambatan. Ruas jalan terpantau lancar walaupun dipadati pejalan kaki.

Para PKL leluasa menggelar barang dagangannya. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hanya mengawasi dari jauh. Terparkir sekitar lima mobil Satpol PP DKI Jakarta di depan stasiun.

“Ya, ini kita awasi saja, dibolehkan,” ujar salah satu petugas Satpol PP DKI Jakarta yang tidak ingin disebutkan namanya saat dihampiri JawaPos.com pada kesempatan yang sama. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up