JawaPos Radar

Dapat Remisi Lebaran, 10 Orang Narapidana Rutan Sialang Bungkuk Bebas

14/06/2018, 10:32 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Dapat Remisi Lebaran, 10 Orang Narapidana Rutan Sialang Bungkuk Bebas
Kepala Rutan Sialang Bungkuk, Azhar. (Virda Elisya/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebanyak 10 orang narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk Klas IIB Pekanbaru, Riau, diusulkan untuk mendapatkan remisi bebas pada lebaran Idul Fitri 1439 H besok, Jumat (15/6). Selain itu, ada 490 narapidana lainnya yang menerima pengurangan masa tahanan.

Kepala Rutan Sialang Bungkuk, Azhar menyebut, total ada 500 warga binaan beragama muslim yang nantinya akan mendapatkan remisi. Dengan rincian, yang mendapat remisi 15 hari sebanyak 229 narapidana. Remisi satu bulan sebanyak 261 narapidana dan yang mendapat remisi langsung bebas pada hari H ada 10 orang.

"10 orang ini, ada kasus pencurian empat orang, kasus pengeroyokan lima orang dan penganiayaan satu orang. Variasi besarnya remisi, yang mendapat remisi satu bulan tiga orang, 15 hari ada tujuh orang," sebutnya pada Kamis (14/6).

Mereka yang diberi pengurangan masa tahanan ini telah diseleksi sebelumnya oleh pihak Rutan. "Alasan pemberian remisi, sudah berkelakuan baik. Mereka kita pantau tidak pernah membuat kesalahan dan tata tertib," katanya.

Di tahun ini, Rutan Sialang Bungkuk tidak memberikan remisi kepada narapidana yang tersangkut tindak pidana khusus.

"Kalau yang Tipikor (tindak pidana korupsi) atau narkoba, mereka harus memenuhi syarat tertentu, harus mendapat persetujuan dari pusat, harus membayar denda subsider atau uang pengganti denda ini harus ada bukti. Kalau narkoba yang diatas lima tahun harus ada surat JC (justice collaborator)," terangnya.

Sementara itu, untuk di wilayah Provinsi Riau, ada 3.840 narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi lebaran. Dari jumlah tersebut, 29 orang di antaranya langsung dinyatakan bebas.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up