alexametrics

Aroma Pandan Serabi Kinca Menggugah Selera Saat Buka Puasa

14 Mei 2019, 13:57:45 WIB

JawaPos.com – Salah satu menu khas Bandung, Jawa Barat, yang menjadi favorit adalah serabi kinca. Serabi kinca memiliki tekstur, rasa, dan aroma yang khas. Rasa kuahnya yang manis membuat serabi kinca bisa menjadi menu istimewa untuk disantap saat berbuka puasa.

Kinca bermakna air gula atau saus kuah gula sebagai pendamping serabi itu sendiri. Agar makin menggugah selera, serabi kinca bisa ditambahkan daun pandan.

“Kami sengaja menyuguhkan serabi kinca untuk menu berbuka puasa. Rasanya mengenyangkan dan manis. Sehingga bisa menjadi makanan pembuka sebelum mengonsumsi makanan utama. Memang aroma pandan adalah yang membuat serabi kinca punya ciri khas,” kata Chef Syamsul dari Hotel Mercure Jakarta Simatupang kepada JawaPos.com baru-baru ini.

menu buka puasa, serabi,
Manisnya serabi kinca bisa menambah energi usai berpuasa. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Bukan hanya sekadar penambah aroma, daun pandan ternyata mengandung nutrisi penting yang baik bagi tubuh. Seperti dilansir dari laman Rhymbahills Tea, Selasa (14/5), daun pandan mengandung saponin, polifenol, tanin, pigmen, dan alkaloida.

Dengan kandungan tersebut, pandan punya manfaat. Seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, menenangkan saraf, mengatasi rematik, meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, anti nyeri, dan detoksifikasi hati.

Kalau sudah tahu manfaatnya, lalu apa saja langkah membuat pandan serabi kinca? Chef Syamsul pun membagi rahasianya khusus pembaca JawaPos.com.

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
2 sendok makan gula pasir
1 butir telur
1/2 sendok makan ragi
1/2 sendok teh garam
200 ml santan
Pasta pandan

Bahan kuah kinca :

Santan
Gula merah
2 lembar daun pandan

Cara Membuat :

Campur semua adonan, aduk sampai rata dan kalis. Kemudian diamkan 30 menit. Lalu, siapkan cetakan lalu panggang di oven. Tunggu sampai bagian bawah berwarna cokelat. Kemudian kuahnya, campur semua bahan dan rebus sampai mendidih. Sajikan bersama serabi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani