JawaPos Radar

H-2 Lebaran Pemudik Terminal Grogol Menurun, Ini Penyebabnya

13/06/2018, 20:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
H-2 Lebaran Pemudik Terminal Grogol Menurun, Ini Penyebabnya
Pemudik memadati Terminal Bantuan Grogol, Jakarta Barat. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Terhitung H-2 Lebaran, Terminal Bantuan Grogol, Jakarta Barat mengalami penurunan angka penumpang. Dibanding H-3, terpantau selisih penurunan sekitar 200 orang yang pergi ke kampung halaman melalui Terminal Bantuan ini.

"Kami sampaikan pada puncak arus mudik H - 3 diberangkatkan 63 bus dengan jumlah penumpang 939 Orang sedangkan, terjadi penurunan pada H-2 Lebaran terdapat 59 bus dengan angkutan penumpang 691 orang," jelas Kepala Terminal Grogol, Frendy Manalu saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (13/6).

Menurutnya, sampai hari ini tercatat ada 365 bis yang telah diberangkatkan dari Terminal Bantuan Grogol. Sedangkan, untuk jumlah penumpang H-2 Lebaran ini telah tembus pada 4.710 pemudik.

Frendy mengakui jumlah emudik Lebaran tahun ini memang jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. "Terpantau, ada jumlah penurunan jumlah pemudik sekitar 10 persen dibanding di tahun lalu," jelasnya.

Bahkan, dirinya menduga banyaknya program mudik gratis menjadi salah satu faktor Terminal Bantuan ini menjadi sepi. Sebab, 35 PO Bus telah mengeluhkan hal yang sama, pemudik tidak seperti tahun lalu.

""Belum ada kepadatan pemudik. Mungkin, ada beberapa program mudik gratis yang juga buat dibeberapa terminal bantuan jadi sepi. Seperti di Terminal Grogol ini," pungkasnya.

Di sisi lain dirinya senang masyarakat dapat dimudahkan pulang ke kampung halaman dengan gratis. Tapi di sisi lainnya, PO Bus memang sedikit mengeluhkan terjadinya penurunan jumlah pemasukan.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up