alexametrics

Wakil Ketua MUI Jalani Lebaran dengan Kesederhanaan

13 Mei 2021, 11:17:56 WIB

JawaPos.com – Hari Raya Idul Fitri 1442 H biasanya dirakayakan dengan meriah. Seperti mengenakan baju baru, menyiapkan makanan khas lebaran yang banyak untuk dikonsumsi.

Namun, tidak dengan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas yang merayakan Idul Fitri 1442 H dengan penuh kesederhanaan. Termasuk soal makanan lebaran yang biasanya khas dengan rendang dan opor ayam.

“Tidak ada itu, malah istri saya bingung, apapun yg dibuat istri saya itu saya makan tanpa protes. Mikir kan pusing juga. Saya tidak mau apa-apa. Apa yang ada, itu yang saya makan. Iya sederhana. Saya tidak terlalu ribet,” kata dia kepada JawaPos.com.

Kemudian, selama Ramadan kali ini, dirinya juga berhasil meng-khatam-kan Al-Qur’an sebanyak 1 kali. “Sekarang bisa lebih berkonsentrasi beribadah, apalagi di masa Covid-19, istri saya itu sudah 5 kali khatam, dulu tidak bisa ada anak dan cucu. Saya baru 1 kali khatam,”

Dia pun juga tidak mengikuti tradisi mudik seperti masyarakat kebanyakan. Sebab, orang tuanya sendiri telah berpulang ke sisi Tuhan yang Maha Esa berpuluh-puluh tahun yang lalu.

“Kalau saya sudah lama tidak pulang kampung karena orang tua saya sudah lama meninggal, bapak saya 41 tahun yang lalu, ibu saya 22 tahun yg lalu dan sodara-sodara saya sudah mencar kemana-mana dan hanya ada satu orang di kampung,” ujarnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads