alexametrics

Buka Puasa Lebih Segar dengan Resep Sapo Tahu yang Gurih

13 Mei 2019, 15:08:26 WIB

JawaPos.com – Jika ingin mencoba hidangan berbuka puasa yang gurih, tak ada salahnya mencoba membuat kreasi menu berkuah yang segar. Salah satunya adalah sapo tahu.

Chef Bungkus dari Hotel Aston Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center, menyarankan agar menyantap menubuka puasa dengan makanan kuah. Sebab setelah sehari penuh tubuh terasa dahaga akan terobati dengan menu yang segar. Sapo tahu bisa menjadi pilihan.

“Sapo tahu berbeda dengan Tom Yam. Sapo lebih mirip capcay kuahnya kental. Kalau Tom Yam biasanya dari kaldu udang. Dan rasa jahe paling terasa di kuahnya,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Hanya butuh waktu 30 menit hingga 1 jam untuk mempersiapkan menunya. Bahan paling utana tentunya adalah tahu telur.

Sapo tahu bisa jadi alternatif menu berbuka puasa yang gurih. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Bahan-bahan:

100 gram dada ayam fillet
Udang kupas
Sawi putih
2 buah tahu telur, iris tebal
1 buah wortel, iris miring
Bawang Putih
Bawang bombai
Jahe
Cabai merah
Saus tiram
Kecap ikan
Minyak wijen
Kaldu ayam secukupnya
Daun bawang
Merica
Garam
Minyak goreng untuk menumis
Tepung Maizena untuk memberi tekstur kental

Cara membuat:

Sama seperti menumis capcay pada umumnya. Tumis bawang putih, bawang bombai, dan jahe sampai harum. Masukan ayam dan udang. Tambahkan semua sayur aduk hingga setengah layu dan tambahkan air sedikit.

Tambahkan bumbu seperti saus tiram, kecap ikan, dan kaldu ayam. Lalu lengkapi dengan merica, garam, dan gula secukupnya. Anda juga bisa masukan maizena agar lebih kental. Dan terakhir tambahkan tahu telur. Sajikan.

Manfaat Tahu

Dilansir dari Pop Sugar, Senin (13/5), Ahli diet terdaftar dan edukator diabetes bersertifikat di New York City, Rachel Stahl, MS, CDN, mengatakan konsumsi produk kedelai utuh seperti tahu, miso, susu kedelai, edamame, dan tempe bisa memenuhi protein yang baik bagi tubuh..

Makan tahu bisa tetap memberikan protein nabati yang baik ketimbang daging merah. Konsumsi kedelai utuh harus menjadi bagian dari diet seimbang, yang mencakup banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, susu rendah atau tanpa lemak, dan protein tanpa lemak.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani