alexametrics

Ini Dia Tips Buat Anak Nyaman Saat Mudik Lebaran

12 Juni 2018, 11:22:42 WIB

JawaPos.com – Membawa anak saat pergi mudik, membuat orang tua harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan sang buah hati. Namun, apakah orang tua tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan?

Ketua KPAI, Susanto memberikan tips khusus untuk para orang tua yang hendak membuat anak nyaman saat perjalanan mudik Lebaran. Pertama, orang tua harus memastikan persiapan mainan anak secukupnya agar tidak bawel di jalan.

“Lalu, pastikan orang tua secara kreatif menceritakan keunggulan atau sejarah khas, daerah-daerah yang dilewati saat mudik agar anak mendapatkan khasanah edukasi,” ujar Susanto kepada JawaPos.com, Selasa (12/6).

Selanjutnya, usahakan tidak membiarkan anak bermain gadget secara berlebihan. Sebab, akan menimbulkan dampak negatif termasuk ‘gelisah atau melawan’ jika anak dipisahkan dari gadgetnya.

Untuk kenyamanan anak, Susanto menganjurkan orang tua juga memberikan konsumsi makanan dan minuman sehat, serta vitamin agar kesehatannya tetap terjaga. Terpenting juga, buat anak beristirahat cukup, agar tidak kelelahan.

“Saran saya jika anak nampak lelah saat perjalanan, manfaatkan rest area untuk istirahat dan mendapatkan suasana baru. Lalu, ajak mengobrol dan tunjukkan pemandangan yang menarik buat anak,” terangnya.

Susanto berpesan jika anak mulai tidak terlihat nyaman, coba alihkan ke hal-hal positif dan menghibur. Bahkan, jika anak sudah menangis jangan memarahi apalagi mengadili anak. Buatlah anak senyaman mungkin, selamat mudik bersama keluarga.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ini Dia Tips Buat Anak Nyaman Saat Mudik Lebaran