alexametrics

Kata Dokter, Wajib Tidur Minimal 6 Jam Sebelum Mudik

11 Juni 2018, 10:45:05 WIB

JawaPos.com – Banyak pemudik memaksakan diri melakukan perjalanan meskipun sudah mengalami kelelahan. Akibatnya, setiap kali musim mudik datang, sering terjadi kecelakaan. 

Lembaga Global Road Safety Partnership (GRSP) menyebutkan, kondisi tubuh yang lelah di tengah kemacetan parah dan dalam kondisi sedang berpuasa saat menjalankan mudik, menjadi salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan. Paling tinggi, pengemudi sepeda motor adalah kelompok rentan menjadi korban.

Jika kurang tidur, maka perjalanan akan membahayakan diri sendiri dan keluarga. Sebab perjalanan yang ditempuh akan melalui kemacetan panjang bersama para pemudik. Maka dari itu pemudik wajib cukup tidur. Hal itu akan membuat tubuh segar dan dapat melakukan perjalanan mudik lebih prima.

Kata Dokter, Wajib Tidur Minimal 6 Jam Sebelum Mudik
Istirahatlah jika lelah dalam perjalanan mudik. (Istimewa)

“Siapkan fisik yang sehat dan prima upayakan untuk tidur minimum 6 (enam) jam sebelum mudik,” tegas Direktur Rumah Sakit Puri Cinere dr Judiwan D Maswar kepada JawaPos.com, Senin (11/6).

Judiwan juga mengimbau para pemudik untuk selalu menjaga konsentrasi dalam mengemudikan kendaraan. Dia meminta para pemudik jangan memaksakan diri menyetir kendaraan sehari penuh.

“Jangan berkendara lebih dari 4 jam dalam satu hari atau lebih dari 150 kilometer,” tegasnya.

Judiwan menyarankan agar pemudik mengupayakan untuk berhenti setiap 2-4 jam perjalanan. Sesekali keluar dari kendaraan, untuk menghirup udara segar dan melakukan peregangan tubuh dengan senam kecil. Tujuannya guna membantu melemaskan otot-otot yang tegang.

“Jangan ragu untuk mampir di rest area, meregangkan otot, buang air kecil, dan mencuci muka agar kembali segar,” jelasnya.

Pemudik juga harus mengusahakan suasana nyaman selama perjalanan dengan makan dan minum setiap 4 jam sekali untuk menjaga tubuh tetap prima. Jika merasa lelah ketika berkendara, beristirahatlah sejenak dan lanjutkan kembali perjalanan bila merasa sudah segar kembali.

“Semoga perjalanan aman dan selamat sampai di kampung halaman untuk bertemu dengan orang tua dan sanak keluarga tercinta,” tutupnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ika/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kata Dokter, Wajib Tidur Minimal 6 Jam Sebelum Mudik