alexametrics

H-3 Lebaran, Jumlah Kedatangan di Bandara Pekanbaru Meningkat

11 Juni 2018, 22:17:24 WIB

JawaPos.com – Biasanya beberapa hari sebelum lebaran Idul Fitri, suasana di Kota Pekanbaru akan tampak sepi. Itu karena banyak masyarakatnya yang kembali ke kampung halaman masing-masing. Namun tahun ini, tampaknya berbeda.

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang ke kota bertuah ini. “Ada fenomena baru, karena cuti bersama lebih panjang makanya untuk kembali ke kampung halaman masing-masing tidak terlalu menumpuk kendaraan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, M Taufiq pada Senin (10/5).

Taufiq menyebut, di tahun ini ada lonjakan jumlah penumpang yang datang ke Pekanbaru. Untuk itu, pihak Bandara SSK II Pekanbaru sudah menyediakan 120 ekstra flight atau tambahan penerbangan di tahun ini.

“Biasanya terjadi puncak penumpang di H-2 atau H-1 lebaran. Tapi kemarin sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Kemarin sudah ada sekitar 3 ribuan penumpang di Bandara yang datang kesini,” bebernya.

Begitu juga dengan jalur darat dan laut. Untuk jalur darat sendiri, diperkirakan ada ribuan warga yang datang setiap harinya ke Pekanbaru. Itu tampak pada macetnya sejumlah ruas jalan di Pekanbaru. Di pelabuhan juga ada peningkatan jumlah kedatangan, tapi tidak signifikan.

“Tinjauan ke pelabuhan, hasilnya ada jumlah peningkatan yang tinggi baik keberangkatan maupun yang datang. Tapi terlayani. Tidak menumpuk suatu waktu,” ucapnya.

Terpisah, Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait merincikan, pada H-4 sebelum lebaran atau hari ini, ada 65 penerbangan domestik. Diantaranya, 28 keberangkatan dengan 4.298 penumpang dan 37 keberangkatan dengan 4.560 penumpang.

“Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 26,69 persen dari tahun sebelumnya,” jelas Jaya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Joniansyah menyebut, di pelabuhan ada 567 penumpang yang berangkat dari Pekanbaru dengan tujuan Siak dan Selat Panjang, Kabupaten Meranti. Sedangkan jumlah penumpang yang datang ada 410 orang. “Jadi total ada

977 penumpang yang berangkat melalui pelabuhan,” ujar Joni.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (ica/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
H-3 Lebaran, Jumlah Kedatangan di Bandara Pekanbaru Meningkat