alexametrics

Dua Tahun Absen, Masjid Indonesia di Berlin Gelar Buka Bersama Lagi

11 April 2022, 18:23:45 WIB

JawaPos.com – Tak ada yang mengalahkan suasana berbuka puasa di negeri sendiri. Namun, setidaknya, saat berada di negeri yang jauh dari Indonesia, berbuka puasa bersama saudara-saudara sebangsa di perantauan bisa sedikit mengobati kerinduan.

Suasana tersebut tergambar dalam acara buka puasa bersama komunitas Indonesia di Masjid Al Falah, Berlin, pada Sabut (9/11). Sekitar 250 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut tampak bahagia. Saling berbagi kabar dan berbagi tawa.

Buka puasa tersebut adalah kegiatan yang rutin diadakan setiap Ramadan tiba oleh pengurus masjid milik komunitas warga Indonesia di Berlin itu. Namun, kegiatan buka puasa kali ini terasa lebih spesial.

’’Ini adalah kali pertama kita bisa berbuka puasa lagi di masjid setelah dua tahun tidak bisa melakukannya karena terhambat pandemi Covid-19,’’ ungkap Ketua Kegiatan Ramadan Masjid Al Falah Berlin Muhammad Bagus yang diwawancarai sebelum azan Maghrib. Dia menambahkan, tahun ini buka puasa bersama dilaksanakan sepekan sekali pada hari Sabtu.

Bagus menuturkan, dirinya dan seluruh pengurus masjid bersyukur kali ini jamaah bisa kembali berbuka puasa di masjid. Dia bilang, tahun lalu sebenarnya juga ada buka puasa, namun, hanya boleh take-away. Tidak boleh dimakan bersama di masjid.

Nah, karena tahun ini buka puasa sudah bisa diadakan di masjid, para jamaah pun tidak menyia-nyiakannya. Selain mendapatkan makanan, mereka juga bisa saling bersilaturahmi dan berbagi cerita dengan saudara sebangsa lainnya yang sedang berada di ibu kota Jerman tersebut. Kebanyakan dari mereka yang hadir saat itu adalah para mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Jerman.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Saksikan video menarik berikut ini: