alexametrics

Tips Dokter: Catat 8 Jenis Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik

10 Juni 2018, 15:50:39 WIB

JawaPos.com – Selamat menempuh perjalanan arus mudik! Bagi Anda yang akan melewati momen mudik, sebaiknya cek atau periksa kembali barang bawaan yang akan dibawa saat ke kampung halaman.

Jangan sampai ada barang bawaan pentimg yang tertinggal sehingga akan merepotkan di perjalanan. Apalagi jika pemudik memiliki riwayat penyakit tertentu saat menempuh perjalanan jauh.

Maka dari itu, Direktur Penunjang RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dr. Lia G. Partakusuma, SpPK, Minggu (10/6) kepada JawaPos.com, memberikan tips barang bawaan apa saja yang wajib dibawa saat mudik. Sehingga perjalanan mudik bisa menyenangkan dan tetap sehat.

Tips Dokter: Catat 8 Jenis Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik
Bawa air mineral yang cukup saat perjalanan mudik. (Istimewa)

Barang Keperluan Keluarga

Catat dan siapkan keperluan anggota rombongan. Misalnya orang tua yang memerlukan obat pribadi, balita yang memerlukan makanan khusus dan lainnya.

Air Mineral dan Snack

Membawa air mineral, makanan kecil (snacks, biskuit), makanan berenergi yang mudah dimakan (kurma, sereal) dalam jumlah yang cukup untuk anggota rombongan. Perjalanan di bulan puasa harus sahur dan berbuka dengan makanan yang mudah dicerna (tidak terlalu banyak santan dan lemak).

Termos

Membawa air hangat dlm termos (bukan beling). Sehingga akan lebih memudahkan saat menyiapkan makanan kecil dan susu bila membawa bayi.

Handuk dan Tisu

Membawa handuk kecil, tisue, tisue basah, pencuci tangan untuk membunuh kuman, plester luka.

Bawa Bekal

Usahakan tidak membeli makanan dari pinggir jalan, tapi berhentilah di restoraran / warung yang bersih (jangan lupa cuci tangan sebelum makan). Lebih baik tidak minum es bila daerah yang dilalui dirasa kurang higienis.

Obat Anti Mabuk

Mabuk dalam perjalanan bisa terjadi. Jangan lupa obat anti mabuk. Setelah 3-4 jam berkendaraan sebisanya istirahat sejenak. Bila pengemudi mengantuk sebaiknya bergantian, atau tidur dulu sebelum mengemudi.

Jaket dan Syal

Untuk yang berkendaraan motor roda dua selalu memakai helm dan kaca mata pelindung supaya tidak terkena panas dan debu. Untuk yang naik kapal laut selalu menggunakan jaket penahan angin dan syal.

Gadget

Pelajari perjalanan yang akan ditempuh. Lihat peta dari gawai Anda. Berapa jam perjalanan, di mana tempat berisitirahat, tempat makan, tempat shalat, tempat membeli BBM dan toilet. Lebih baik perjalanan dalam situasi yang lebih sejuk dibandingkan siang hari yang panas. Satu kendaraan jangan terlalu penuh karena akan membuat tidak nyaman dan mudah membuat kepanikan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Tips Dokter: Catat 8 Jenis Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik