alexametrics

Jalan Mulus, Pemudik Mulai Padati Jalintim Sumsel

10 Juni 2018, 23:53:03 WIB

JawaPos.com – Menjelang hari raya Idul Fitri arus lalu lintas di Sumsel kini mulai meningkat di Jalan Lintas Timur (Jalintim). Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang baik sehingga masyarakat lebih memilih untuk melintas di Jalintim.

Berdasarkan pantauan, baik kendaraan angkutan barang seperti truk, bus, dan kendaraan pribadi banyak melintas di Jalintim. Meski begitu, tidak terjadi kemacetan. Karena kondisi jalan membaik sehingga kendaraan pun bisa melaju maksimal. Selain itu, sejumlah petugas Dishub pun bertugas untuk mengatur arus lalu lintas dan lain sebagainya.

Salah satu pemudik, Ryan Saputra mengaku sengaja mudik ke Lampung menggunakan kendaraan pribadi. Karena lebih cepat dibandingkan kendaraan lainnya. Hal ini dikarenakan kondisi jalan Sumsel menuju Lampung sudah baik dan mulus.

“Dengan jalan yang mulus ini berkendaraan tidak perlu khawatir ada jalan yang rusak,” katanya saat ditemui di Jalintim, Minggu (10/6).

Biasanya dengan berkendaraan pribadi, ia mampu menembus perjalanan dari Sumsel ke Lampung hanya 7-8 jam berbeda dengan menggunakan kereta jurusan ekonomi yang memakan waktu hingga 12 jam. “Tapi jika jalannya mulus. Kalau jalannya rusak tentu lebih dari waktu tersebut terlebih lagi macet, bahkan bisa lebih lama dibandingkan kereta api,” singkatnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen XII Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Iwan Fiqri mengakui memang saat ini kondisi Jallintim sudah membaik. Namun, memang belum sempurna dikarenakan perbaikan hanya dilakukan tambal sulam.

“Tapi jalan ini sudah bagus untuk dilalui para pemudik, karena kerusakan hanya lubang kecil bukan lubang besar,” terangnya.

Perbaikan ini telah dilakukan sejak Februari lalu, dimana anggaran yang digunakan untuk perbaikan tersebut yakni sebesar Rp 1 miliar dengan menggunakan dana transisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN). Menurutnya, dana transisi ini dikarenakan kebutuhan mendesak menjelang lebaran, karena itu kedepan akan dilakukan peningkatan kondisi jalan.

“Mungkin peningkan jalan ini akan dimulai pada Bulan Juli mendatang,” singkatnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Jalan Mulus, Pemudik Mulai Padati Jalintim Sumsel