alexametrics

Catat, Begini Langkah Pertolongan Pertama Atasi Pemudik Kelelahan

10 Juni 2018, 14:00:28 WIB

JawaPos.com – Perjalanan panjang yang dilalui para pemudik akan membuat pemudik dan keluarganya rentan sakit. Apalagi jika mereka masih dalam keadaan berpuasa. Tentu ancaman kelelahan hingga pingsan harus dicegah.

Direktur Penunjang RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dr. Lia G. Partakusuma, SpPK mempunyai tips pertolongan pertama bagi para pemudik yang mengalami sakit di perjalanan. Tentu hal ini menjadi catatan bagi keluarga.

1. Saat Pemudik Kepanasan

Biasanya selama perjalanan, tantangan yang dihadapi adalah suhu udara. Di tengah kemacetan, dengan mesin mobil yang menyala, tentu membuat penumpang kepanasan.

Lia memberikan tips bila ada anggota rombongan yang mengeluh sesak dan kepanasan, segera berhenti dan cari tempat teduh. Tidurkan telentang dan baju yang ketat dilonggarkan. Dia menyarankan saat mudik untuk upayakan selalu menggunakan pakaian yang agak longgar dan menyerap keringat dan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan.

“Beri minum hangat dan manis. Cari pertolongan segera,” tegasnya.

2. Saat Emergency

Ketika sudah bahaya, sebaiknya melibatkan pihak-pihak yang ahli. Kementerian Kesehatan pun membuka 3910 posko kesehatan termasuk di rest area.

“Bila ada masalah emergency misalnya pemudik henti napas, henti jantung, sebaiknya ada yang mengerti tentang pertolongan pertama. Segera hubungi petugas medis terdekat,” katanya.

3. Saat Pemudik Muntah-muntah

Mabuk dalam perjalanan adalah hal yang paling umum terjadi. Apalagi jika itu dialami oleh anak kecil tentu akan sangat menyulitkan.

“Bila anggota rombongan muntah-muntah, segera carikan air berelektrolit. Atau berikan teh hangat dicampur satu sendok gula dan seujung kecil garam. Atau bisa diberikan air buah atau air kelapa muda,” jelas Lia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Catat, Begini Langkah Pertolongan Pertama Atasi Pemudik Kelelahan