alexametrics

BPOM Aceh Satroni Sejumlah Toko Penjualan Parsel

10 Juni 2018, 10:10:37 WIB

JawaPos.com – Balai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh menggelar sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa lokasi penjualan parsel di Kota Banda Aceh. Ini dilakukan, untuk mengawasi peredaran produk-produk berbahaya menjelang lebaran Idul Fitri.

Kepala BPOM Aceh, Zulkifli mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan, mengingat Idul Fitri hanya tinggal hitungan hari. BPOM ingin memastikan, agar parsel yang dibeli oleh masyarakat dalam kondisi aman.

“Sasaran kita adalah sarana-sarana yang membuat parsel. Itu yang kita awasi, BPOM menurunkan tiga tim dan tersebar di tiga lokasi di Banda Aceh,” kata Zulkifli dalam keterangannya di Banda Aceh, Sabtu (9/6).

Zulkifli menjelaskan, dalam pengawasan ini, BPOM akan melihat dan memeriksa langsung parsel yang dijual. Itu bertujuan untuk memastikan produk yang akan dikonsumsi masyarakat aman, tidak kadaluwarsa dan kemasannya tidak rusak.

Selain itu, dalam parsel tersebut, petugas juga memastikan tidak ada produk yang mengandung alkohol. “Kita membuka beberapa contoh parsel dan sipemilik bersedia untuk dibuka. Hasil pemeriksaan kita tidak menemukan apa-apa. kegiatan ini memang sudah rutin dilakukan dan mereka tau kalau lebaran itu pasti ada pengawasan seperti ini,” jelasnya.

Pengawasan terhadap sejumlah produk barang makanan lainnya, juga dilakukan di supermarket atau swalayan, mall dan sejumlah toko lainnya. Ini semua dilakukan, untuk memberikan rasa nyaman kepada warga yang hendak membelik parsel.

“Dari hasil sidak, sejauh ini kami melihat di dalam parcel itu tidak ditemukan adanya produk yang dilarang, seperti tanpa izin edar, kadaluarsa dan bebas dari alkohol,” tambahnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (mal/JPC)



Close Ads
BPOM Aceh Satroni Sejumlah Toko Penjualan Parsel