alexametrics

Beda Prediksi Kemenhub dan Jasa Marga Soal Puncak Arus Mudik Lebaran

10 Juni 2018, 03:26:22 WIB

JawaPos.com – Hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan puncak arus mudik akan terjadi pada 8-9 Juni 2018. Namun, prediksi itu tidak sesuai kondisi di lapangan.

Bahkan, PT Jasa Marga (Persero) punya pandangan yang berbeda soal puncak arus mudik. Perusahaan pelat merah itu menilai puncak arus mudik akan terjadi pada 9-10 Juni 2018.

“Kan kita prediksi hari ini (9/6) dan besok (10/6). Kami memprediksi puncak mudik 112 ribu kendaraan. Sekarang sudah sampai 66 ribu. Dari jam 2 siang sampai 10 malam itu sudah sampai 31.326 kendaraan atau meningkat 39 persen dari harian normal. Normalnya itu 22.500 kendaraan,” ujar Deputi GM Tol Collection Management Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Yoga Trianggoro kepada JawaPos.com, Sabtu (9/6).

Yoga menegaskan, kondisi itu tidak bisa dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama. Pasalnya, waktu libur yang didapat menjadi lebih panjang.

Di sisi lain, masyarakat juga semakin punya pilihan dalam menjalani mudik, seiring semakin banyaknya kuota mudik gratis yang diberikan pemerintah maupun badan swasta.

“Membandingkan itu tidak bisa. Kenapa? Karena waktu liburnya berbeda. Waktu libur tahun ini lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Seperti itu. Jadi kalau dibandingkan akan berbeda,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Beda Prediksi Kemenhub dan Jasa Marga Soal Puncak Arus Mudik Lebaran