alexametrics

Jelang Berbuka, Bagikan Takjil Peningkat Imunitas

10 Mei 2020, 17:07:20 WIB

JawaPos.com – Banyak hal yang berubah saat pandemi Covid-19 merebak di Surabaya. Termasuk, serba-serbi yang ada selama Ramadan. Misalnya, yang ada di Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng. LPMK Kelurahan Airlangga membagikan pokak dan telur rebus untuk menu tambahan berbuka puasa.

Warga tampak berbaris di Jalan Gubeng Kertajaya V-D. Waktu yang menunjukkan pukul 16.00 menjadi patokan bagi mereka untuk mengambil jatah menu untuk berbuka. Namun, kali ini menu yang diberikan berbeda dari biasanya. Sebab, manfaat utamanya untuk meningkatkan imun tubuh.

Termos berisi wedang pokak dan telur rebus sudah tersaji. Sesuai aba-aba, warga satu per satu menerima satu telur dan segelas wedang pokak. Menu takjil itu kini bisa dinikmati warga Kelurahan Airlangga untuk pembuka buka puasa. Bukan lagi kolak pisang sebagaimana pada umumnya.

Ketua LPMK Kelurahan Airlangga Puguh Wahjudi mengatakan, hal tersebut memang dilakukannya untuk menjaga kesehatan warga.

Puluhan liter wedang sengaja disiapkan. ”Memang bukan kolak atau yang lain yang kami pilih, pokak lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh,” paparnya.

Dia menjelaskan, tujuan utamanya adalah menjamin warga terhindar dari Covid-19. Pemerintah juga getol mengimbau untuk mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Nah, minuman berbahan utama serai dan jahe memang dipercaya mampu menambah kekebalan tubuh. Badan jadi lebih fit.

Apalagi dinikmati hangat saat berbuka puasa, perut pun terhindar dari kembung. Begitu juga dengan telur rebus yang kaya protein bisa mengembalikan stamina dengan cepat.

Untuk memproduksi ratusan porsi menu tambahan buka puasa itu, Puguh memproduksinya sendiri. Dibantu istri dan kader di lingkungannya. ”Untuk pembagiannya sendiri saya umumkan ke warga. Namun, tetap saat mengambil mengikuti protokol kesehatan. Tidak boleh berkerumun,” ujarnya.

Di wilayahnya ada delapan RW. Penyaluran telur dan pokak itu dilakukan secara bergilir. Saban hari lebih dari 150 paket pokak dan telur dibagikan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c25/git



Close Ads