JawaPos Radar

Polda Jabar 'Kandangkan' Ribuan Angkutan Mudik

09/06/2018, 21:50 WIB | Editor: Imam Solehudin
Kapolda Jabar
Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto. Polda Jabar terpaksa memulangkan sekitar 1000 angkutan mudik lantaran tak laik jalan (Dok.Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polda Jawa Barat menemukan ribuan angkutan mudik tak laik jalan. Dalam operasi yang digelar bersama Dinas Perhubungan, sekitar 1000 kendaraan terpaksa 'dipulangkan' ke pool masing-masing.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Maryoto mengatakan, pemeriksaan mencakup bagian-bagian vital kendaraan. Total ada 3200 kendaraan yang diperiksa.

"Dua-tiga hari ini, Dishub dengan Kepolisian melakukan Ramcek. Dari 3200 kendaraan, ada 1000 kendaraan yang telah dinyatakan tidak laik jalan," kata Agung, saat meninjau langsung pos pelayanan terpadu arus mudik dan balik lebaran di Pospol Terpadu Cikopo, Purwakarta, Sabtu (9/6), dilansir RMOl Jabar (Jawa Pos Grup).

Dia menambahkan, bus yang dinyatakan tidak laik jalan itu lantas dikembalikan ke pool bus masing-masing untuk diperbaiki. "Sementara yang telah nyatakan lolos uji kelaikan diberi tanda berupa stiker," jelas dia.

Bus yang baru diperbaiki setelah Ramcek pun akan kembali di uji kembali hingga dinyatakan bisa digunakan masyarakat. "Hal itu agar seluruh jalan di Jabar dan semuanya tidak ada kecelakaan yang fatal," katanya.

Selain itu, guna mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2018, lanjut Agung, pihaknya menurunkan sebanyak 13.200 personil gabungan. Tidak hanya dari jajaran kepolisian, TNI dan Instansi pemerintah seperti Dishub, Dinkes, DPKPB, SAR, hingga BPBD, pun turut mengamankan arus mudik ini.

"Operasi ketupat ini bukan hanya bicara lalu lintas saja, tetapi pengamanan pengamanan umum. Jabar menjadi perlintasan maupun tujuan mudik," ucapnya.

(mam/jpg/JPC)

Alur Cerita Berita

Ribuan Pemudik Mulai Tiba di Solo 09/06/2018, 21:50 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up