alexametrics

Pemudik Mulai Padati Bandara Halim

9 Juni 2018, 14:46:15 WIB

JawaPos.com – Memasuki H-6 Idul Fitri, kondisi arus mudik Lebaran 2018 di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur,  terlihat ramai. Akan tetapi keramaiannya belum menunjukkan lonjakan yang signifikan.

Pantauan JawaPos.com di Bandara Halim Perdanakusuma antrean penumpang belum terlihat menonjol. Sejumlah penumpang terlihat santai berada di terminal menunggu jadwal keberangkatan. Ada yang sengaja datang lebih awal ke bandara, khawatir mendapat macet di jalanan.

Frista, 27, mengaku heran ketika sampai di Bandara Halim. Pasalnya dia melihat keriuhan pemudik tidak terlalu menonjol. “Ternyata tidak terlalu ramai di sini,” ungkap karyawati salah satu BUMN tersebut kepada JawaPos.com.

Pada kesempatan ini perempuan muda tersebut mengaku mudik ke Padang. Sementara jadwal penerbangannya pukul 15.30.

Berdasarkan data Posko Arus Mudik Bandara Halim Perdanakusuma, jumlah penerbangan untuk Sabtu (9/6) per pukul12.00 sudah ada 18 penerbangan reguler dan 2 penerbangan ekstra. Jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 1.824 orang untuk penerbangan reguler dan 368 penumpang untuk penerbangan ekstra.

Menurut Koordinator Posko Arus Mudik Bandara Halim Perdanakusuma, Yanti Haryanti tingkat arus mudik 2018 pada H-6 Idul Fitri tidak lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama dibandingkan Idul Fitri 2017.

Untuk H-6 Idul Fitri 2017 terdapat 69 penerbangan keberangkatan dan 3 ekstra penerbangan. Dari keseluruhan penerbangan itu telah mengangkut 9.691 penumpang reguler dan 367 penumpang dari penerbangan ekstra.

Sementara untuk H-6 arus mudik 2018 pada Sabtu (9/6) per pukul 12.00 baru terdapat 18 penerbangan yang mengangkut 1.824 penumpang. Selain itu terdapat 2 penerbangan ekstra yang mengangkut 367 penumpang.

“Kemungkinan lonjakan arus mudik tahun ini terlihat besok (Minggu, red),” ujar Yati.

Libur cuti bersama menyambut Idul Fitri 2018 kali ini berlangsung lama, sehingga tingkat arus mudik tidak terlihat lonjakan siginifikan. “Calon penumpang ada yang memilih hari lain untuk mudik,” tandasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (iil/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pemudik Mulai Padati Bandara Halim