alexametrics

Ancaman Kadishub DKI ke PO Bus Bandel Saat Arus Mudik Lebaran 2018

9 Juni 2018, 19:45:44 WIB

JawaPos.com – Untuk memantau arus mudik Lebaran 2018, Kadishub DKI Jakarta Andri Yansah mengunjungi Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (9/6). Saat itu, dia menemukan adanya penumpukan penumpang di salah satu armada bus PO. Budiman.

Dia melihat adanya kesalahan yang dilakukan perusahaan bus itu. Kondisi bus sudah terisi penuh penumpang, padahal angkutan masal itu baru saja tiba dari Tasikmalaya dan ternyata mereka itu bukan penumpang yang akan pergi mudik.

Dia lalu melarang penumpang tujuan jarak dekat, seperti Tasikmalaya, Garut, dan Sumedang, Bogor dan Bandung melakukan pembelian tiket dengan cara diwakilkan karena membuat penumpang lainnya terbengkalai. Dia meminta pengelola terminal mengawasi armada bus yang hendak mengangkut pemudik sehingga tak akan lagi terjadi kejadian serupa.

“Saya perintahkan untuk tak ada booking-bookingan. Siapa duluan datang, dia berangkat, supaya yang lain tidak terlalu lama menunggu,” tutur Andri, Jumat (9/6).

Apabila ada bus yang nekat mengangkut penumpang, padahal kapasitasnya sudah tak mencukupi, pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada perusahaan bus tersebut. Salah satunya pemberhetian operasi armada dalam mengangkut penumpang.

Dalam momentum mudik ini, keselamatan penumpang merupakan yang utama. Untuk menunjang hal itu, pihaknya juga membutuhkan peran serta masyarakat untuk memberikan informasi kepada petugas Dishub bila menemukan armada yang nakal.

“Makanya saya minta apabila masyarakat menemukan tarif di luar tarifnya segera laporkan kepada kami. Pak menteri mengintruksikan akan kita cabut izin operasinya,” katanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (rgm/yes/JPC)


Close Ads
Ancaman Kadishub DKI ke PO Bus Bandel Saat Arus Mudik Lebaran 2018