alexametrics
Stasiun Senen Dipadati Pemudik

Penumpang Berserakan Akibat Ruang Tunggu Tak Memadai

8 Juni 2018, 15:38:56 WIB

JawaPos.com – Peningkatan jumlah penumpang sudah mulai terlihat di berbagai stasiun kereta api di Jakarta yang melayani perjalanan jarak jauh. Kepadatan penumpang itu menyambut arus mudik yang terjadi sejak H-7 Lebaran 2018.

Pantauan JawaPos.com di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (8/6), penumpang sudah berlalu lalang sejak pagi hari. Mereka menunggu keberangkatan kereta api dengan tujuan kampung halamannya masing-masing.

Penumpang Berserakan Akibat Ruang Tunggu Tak Memadai
Pada H-7, pemudik sudah tumpah ruah di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (8/6). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Para penumpang mayoritas satu keluarga dengan bawaan barang yang cukup banyak. Mereka duduk mengampar di selasar stasiun hingga ke bagian trotoar dekat area parkir.

Hal tersebut membuat jalan menuju pintu keberangkatan dan pintu keluar penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek terhalang. Pasalnya, jumlah penumpang kereta api jauh lebih banyak.

Padahal, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan satu ruang tunggu bagi para penumpang yang letaknya berada di arah selatan stasiun. Namun, lokasi yang kurang luas tidak cukup untuk menampung penumpang yang semakin membludak.

“Ya, nunggu kereta di sini, habisnya ruang tunggu nggak muat,” kata Rohmah, 37, penumpang KA Kertajaya saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jumat (8/6).

Selain ruang tunggu yang kapasitasnya tidak memadai, penumpang juga mengeluhkan tempat itu tidak nyaman. Jika masuk ke ruangan, akan terasa panas karena kurangnya udara.

“Mau ngerokok. Panas juga (di ruang tunggu), sumpek kan banyak orang, di sini (trotoar area parkir mobil) sejuklah angin banyak. Pengumuman juga masih kedengaran sampai sini,” tutur Joni, 30, saat ditemui terpisah.

Kepala Stasiun Pasar Senen Zainul mengatakan, penumpukan penumpang hingga ke luar ruang tunggu terjadi karena mereka datang pada jam yang tidak sesuai waktu boarding pass. Menurutnya, penumpang umumnya datang lebih dari satu jam sebelum keberangkatan kereta.

“Ya imbauan kami kepada penumpang sebenarnya gini, penumpang itu kan bisa boarding satu jam sebelumnya, sebelum jam keberangkatan. Jadi ya kalau keretanya jam 14.00 WIB, (penumpang) datangnya jam 10.00 WIB kan jadi menumpuk,” ujarnya saat dikonfirmasi JawaPos.com. 

Dia mengakui, fasilitas ruang tunggu adalah sesuai dengan kapasitas keberangkatan dari setiap stasiun. Dalam hal ini, kapasitas Stasiun Pasar Senen yakni 16-24 ribu penumpang.

“Sementara di kita, di stasiun mana pun juga kan area (tunggu)-nya sesuai dengan kapasitas keberangkatan dari situ,” tandas Zainul.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Penumpang Berserakan Akibat Ruang Tunggu Tak Memadai