JawaPos Radar

Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Diprediksi Hingga Minggu

08/06/2018, 23:00 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Diprediksi Hingga Minggu
Pemudik mulai menyesaki Bandara Internasional Juanda, Jumat (8/6) (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pergerakan arus mudik dari Kota Surabaya mulai terlihat Jumat petang (8/6). Di Bandara Internasiomal Juanda suasa pulang kampung begitu terasa dengan mulai disesaki pemudik luar pulau.

Meskipun Hari Raya Idul Fitri masih sepekan lagi, pemudik yang menggunakan jasa pesawat terbang sudah mulai kembali ke kampung halaman.

Dari pantauan JawaPos.com di akses tol Waru-Juanda macet. Jika biasanya dari Waru ke Juanda via tol sekitar 10 hingga 15 menit, kali ini bisa memakan waktu 45 hingga 60 menit. Hal tersebut mengindikasikan bahwa banyak masyarakat yang menuju ke bandara.

Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Diprediksi Hingga Minggu
Pemudik mulai menyesaki Bandara Internasional Juanda, Jumat (8/6) (Dida Tenola/JawaPos.com)

Nuansa mudik juga terasa di area bandara. Di Terminal I Bandara Internasional Juanda, kursi-kursi sudah disesaki penumpang yang menanti proses boarding.

Kondisi tersebut bertolak belakang dengan pintu kedatangan. Tak banyak penumpang yang keluar dari dalam. Rata-rata warga yang tinggal di Surabaya memang didominasi perantau, sama seperti Jakarta.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro menerangkan, lonjakan penumpang memang dimulai hari ini. Pihaknya memprediksi jumlah penumpang pesawat yang berangkat dari Juanda akan terus meningkat hingga Minggu (8/6). "Banyak masyarakat yang pulang kerja langsung berangkat (mudik, red)," terang Yuristo.

Kendati demikian, Yuristo juga memprediksi bila kepadatan penumpang tidak akan terjadi secara drastis. Pasalnya, keputusan pemerintah yang memberikan waktu libur hingga 12 hari mempengaruhi calon penumpang pesawat untuk leluasa memilih jadwal. "Paling padat berkonsentrasi selama tiga hari. Jumat sampai Minggu," tambahnya.

Berdasarkan catatan yang Angkasa Pura I Bandara Juanda, pada hari Kamis (7/6) saja, sudah mulai terlihat tanda-tanda kenaikan jumlah penumpang. Tercatat 3.023 penumpang berangkat dari Juanda.

Yuristo mengimbau agar masyarakat siap untuk mudik. Terutama untuk memperhitungkan perjalanan dari rumah menuju bandara dengan jadwal penerbangan yang sudah tersedia. Sebisa mungkin datang tiga jam sebelum keberangkatan pesawat. "Agar tidak repot kalau check-in. Sebab prosesnya kan juga butuh waktu," lanjutnya.

Selain itu, dia juga berpesan agar tetap menjaga barang berharga. Jangan gampang percaya dengan orang yang tidak dikenal.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Angkasa Pura I sudah mengajukan 31 flight tambahan. Namun untuk pastinya masih menunggu persetujuan Menteri Perhubungan. "Mungkin yang disetujui kurang dari yang kami ajukan," tutur Yuristo.

(did/JPC)

Alur Cerita Berita

Pemudik Mulai Padati Bandara Halim 08/06/2018, 23:00 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up