alexametrics

Imbauan Penting untuk Pemudik, Jangan Bawa Barang Mencolok

8 Juni 2018, 14:52:00 WIB

JawaPos.com – Pergerakan pemudik diprediksi terjadi pada Jumat (7/6). Untuk menekan angka kejahatan, para pemudik diimbau tak membawa barang berlebih dan mencolok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Bekti Zunanta mengatakan, 3 tahun terakhir di wilayahnya memang minim laporan kejahatan. Akan tetapi banyak juga yang melapor, menjadi korban saat dalam perjalanan.

“Ketika perjalanan jadi korban, lapornya ke sini. Kecopetan dan yang lain-lain. Imbauan kami jangan membawa barang atau perhiasan berlebih,” katanya, Jumat (8/6).

Selain kecopetan, kejahatan-kejahatan yang rawan terjadi di dalam bus seperti pembiusan. Para pelaku ini hanya mengincar barang bawaan korbannya saja.

Lanjutnya agar lebih aman, diharapkan mereka memakai jasa bus yang sudah ada striker ramp check. Yaitu kendaraan yang lolos uji kelayakan untuk dipakai sebagai angkutan Lebaran.

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Kombes Pol Latief Usman. Bagi pengendara, khususnya sepeda motor diimbaunya untuk tak membawa muatan berlebih.

Petugasnya juga akan melakukan penindakan terhadap mereka yang berboncengan lebih dari 2 orang. Mereka akan mendapatkan edukasi di titik-titik masuk wilayah Jogjakarta.

Ia juga mengatakan, arus mudik ini akan terjadi hingga malam takbiran. Untuk itu, masyarakat diajak agar berperan aktif dalam menyambut para pemudik ini. “Jangan takbiran di jalan-jalan utama untuk pemudik,” ucapnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (dho/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Imbauan Penting untuk Pemudik, Jangan Bawa Barang Mencolok