JawaPos Radar

Antisipasi Penurunan Penumpang, Pelindo IV Siapkan Tiket Gratis

08/06/2018, 15:02 WIB | Editor: Ilham Safutra
Antisipasi Penurunan Penumpang, Pelindo IV Siapkan Tiket Gratis
Penumpang kapal menunggu keberangkatan untuk mudik (ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - PT Pelindo (Persero) IV berencana memberikan layanan mudik gratis kepada penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Langkah itu diambil untuk meningkatkan jumlah penumpang mendekati mudik Lebaran tahun ini.

General Manager (GM) PT Pelindo (Persero) IV cabang Balikpapan H Baharuddin mengakui bahwa jumlah penumpang mudik kali ini tidak meningkat tajam bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena itu, pihaknya mengadakan program mudik gratis bagi pemudik dari luar daerah yang turun di Pelabuhan Semayang menuju Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), Bontang, dan Sangatta.

"Program ini dalam rangka meringankan beban masyarakat. Sebab, pengeluaran mereka cukup besar untuk berkumpul bersama keluarga," ucapnya pada Kamis (7/6).

Antisipasi Penurunan Penumpang, Pelindo IV Siapkan Tiket Gratis
Penumpang menuju kapal untuk berangkat mudik. (ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/Jawa Pos Group)

Mudik gratis itu dimulai sejak Selasa (5/6). Penumpang yang ingin mendapatkan layanan tersebut cukup mendaftar di ruang informasi setiba di pelabuhan. "Karena jumlah pemudik belum banyak, yang berangkat menggunakan fasilitas ini juga belum signifikan. Kemungkinan pekan depan baru ramai," lanjutnya. Dengan strategi demikian, dia optimistis mampu meningkatkan traffic penumpang.

Banyak penumpang kapal, lanjut dia, berasal dari luar Balikpapan. Itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang berada di teras atau ruang depan pelabuhan. Meski demikian, ada juga pemudik dari Surabaya yang memanfaatkan layanan tersebut.

Selain mudik gratis, pihaknya menggelar Senyum Lebaran. Yakni, sebuah program layanan yang membantu calon penumpang selama di terminal. "Misalnya, saat penumpang tiba di terminal, petugas Senyum Lebaran akan langsung membantu mengarahkan ke konter check-in. Setelah selesai, kembali dibantu menuju ruang tunggu dan lainnya," imbuhnya.

Selaku pengelola terminal PT Pelindo IV, Baharuddin mengklaim fasilitas yang disediakan sudah optimal. Contohnya, kapasitas ruang tunggu di atas 3 ribu. Jumlah tersebut cukup untuk menampung seluruh calon penumpang, termasuk saat mudik Lebaran. Yang terbaru, pihaknya juga telah menyediakan fasilitas bermain untuk anak. Sekarang penumpang yang menginap di pelabuhan bisa menggunakan fasilitas di lantai 2.

Melengkapi fasilitas di terminal, sekitar sepuluh tenant telah beroperasi melayani kebutuhan konsumsi calon penumpang. Mereka menjual makanan, minuman, dan juga suvenir. 

(aji/ndu/k15/fat)

Alur Cerita Berita

Ribuan Pemudik Mulai Tiba di Solo 08/06/2018, 15:02 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up