Puncak Arus Balik, Skema Satu Arah di Tol Diperpanjang

63 Persen Pemudik Belum Kembali
8 Mei 2022, 09:58:11 WIB

JawaPos.com – Pergerakan kendaraan di jalan tol menuju Jakarta dan sekitarnya terus meningkat. Korlantas Polri menyebutkan, tercatat ada 107 ribu kendaraan yang melewati gerbang tol Cikarang Utama dalam 24 jam pada Jumat (6/5).

Kemarin (7/5) dan hari ini (8/5), diprediksi masih akan ada 300 ribu kendaraan yang melewati jalan tol.

“Dua hari kemungkinan 300 ribu kendaraan akan masuk (Jakarta),” kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan kemarin sore.

Petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas berdasar situasi di lapangan. Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Gatot Repli Handoko menuturkan, kemarin pukul 06.00 WIB, arus kendaraan di gerbang tol Kalikangkung terbilang lancar. Namun, kepadatan terjadi di Km 188 sehingga petugas memberlakukan kebijakan satu arah (one way) di titik itu. “One way diputuskan dari Km 188 hingga Km 70,” ucapnya kemarin. Kebijakan one way kemudian diperpanjang dari Km 70 hingga Km 47.

Sorenya, kebijakan one way berlaku sejak Km 442 simpang susun (SS) Bawen jalan tol Semarang–Solo sampai Km 28 jalan tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta. Sebelumnya, one way diberlakukan hingga Km 3+500 Halim sejak pukul 07.00 WIB.

Kemudian, diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 28 jalan tol Jakarta–Cikampek sampai Km 3+500 Halim arah Jakarta pukul 16.30 WIB.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, skenario rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mencegah kemacetan panjang arus balik. Kalau memang dibutuhkan, one way bisa ditarik hingga gerbang tol Semanggi. “Bergantung situasi dan kondisi. Itu sudah disiapkan,” jelasnya. Keputusan untuk memperpanjang one way akan dilakukan melalui evaluasi setiap saat.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menuturkan, pihaknya mendukung sejumlah rekayasa lalu lintas di jalan tol Jasa Marga Group sepanjang Semarang hingga Jakarta.

Secara umum, Jasa Marga mencatat ada 815.612 kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek pada Selasa–Jumat (3–6 Mei 2022). Angka itu merupakan kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) barier/utama. Yakni, GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah trans-Jawa dan Bandung).

Untuk distribusi lalu lintas masuk Jabotabek dari ketiga arah, sebanyak 467.178 kendaraan (57,28 persen) dari arah timur atau tol trans-Jawa dan Bandung. Kemudian, 181.399 kendaraan (22,24 persen) dari arah barat (Merak) dan 167.035 kendaraan (20,48 persen) dari arah selatan (Puncak).

Sejumlah kendaraan melaju di Tol Cikopo-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas one way arus balik Lebaran 2022 bagi kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta mulai dari Tol Palimanan kilometer 187 hingga Tol Cikampek kilometer 72. (Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Khusus Jumat (6/5), Jasa Marga mencatat lalu lintas di GT Cikampek Utama jalan tol Jakarta–Cikampek mencapai 107.518 kendaraan. ’’Jumlah ini naik hingga 214 persen yang merupakan kenaikan tertinggi sejak periode arus balik sampai H+3,’’ imbuhnya.

Kepadatan pada Sabtu dan Minggu ini diperkirakan juga terlihat di penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak. ’’Sampai Sabtu pagi (kemarin, Red), baru 37 persen yang bergerak. Artinya, ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam 1–2 hari ini,’’ tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengecek kesiapan arus balik di Pelabuhan Panjang, Lampung.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak kembali ke ibu kota dan sekitarnya untuk mempertimbangkan waktu perjalanan yang tepat. ’’Saya imbau jangan kembali hari ini (kemarin, Red) dan besok (hari ini, Red). Kalau bisa, ditunda hari Senin atau Selasa (9-10 Mei 2022),’’ ujarnya.

Untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan. ’’Kami siapkan Pelabuhan Panjang untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju pelabuhan di Ciwandan, Banten,’’ ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala BPH Migas Erika Retnowati memantau kesiapan sektor energi di masa arus balik. Selain wilayah yang dilalui arus balik, yang menjadi perhatian adalah tempat wisata. ’’Salah satunya di wilayah Pertamina MOR IV Jawa Tengah yang mengalami lonjakan permintaan 200–300 persen, terutama di SPBU yang berada di jalur tol,’’ jelasnya kemarin.

Dalam laporan posko nasional sektor ESDM 5 Mei 2022, ketersediaan bensin RON 90 tercatat 1,3 juta kiloliter (16 hari), RON 92 sebanyak 726 ribu kl (36 hari), dan solar CN 48 sebesar 1,9 juta kl (21 hari). Sementara itu, stok LPG tercatat 392.111 mt dan DOT 23.722 mt dengan coverage days sekitar 16,53 hari atau status aman.

Di sisi lain, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turut memantau arus balik. Mereka berfokus pada penerapan protokol kesehatan (prokes). Total ada tujuh pos pemantauan yang tersebar di tujuh provinsi. Yakni, Lampung, Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Itu belum termasuk pos pemantauan di tiap daerah. ’’BNPB bekerja sama dengan BPBD setempat untuk pemantauan dan penguatan prokes warga yang mudik Lebaran,’’ ucap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kemarin.

Secara umum, BNPB menilai penerapan prokes cukup baik. Namun, mereka tidak menutup mata terhadap kekurangan minor yang masih terjadi. Misalnya, ketersediaan hand sanitizer dan sabun cuci tangan di beberapa titik yang kurang memadai. (idr/dee/syn/c18/fal)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini: