alexametrics

Kelebihan Penumpang, Keberangkatan KM Al-Kudais Terpaksa Ditunda

8 Mei 2022, 20:07:16 WIB

JawaPos.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, menyatakan, keberangkatan kapal membawa penumpang arus balik rute Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula tujuan Ternate, Maluku Utara (Malut) ditunda keberangkatan. Penundaan keberangkatan dikarenakan penumpang melebihi kapasitas.

“Memang, sesuai jadwal KM Al-Kudais melayani rute antar-pulau Sanana-Ternate PP ditunda keberangkatan karena penumpang melebihi kapasitas,” kata Kepala Seksi Lalulintas angkutan laut KSOP Kelas II Ternate, Djunaidi kepada Antara, Minggu (8/5).

Penumpang arus mudik untuk rute antar-pulau Sanana-Ternate yang akan berangkat dengan KM Al-Kudais seharusnya berangkat ke Kota Ternate pada Sabtu pukul 17.00 WIT, namun tertunda. Hal itu karena padatnya penumpang ingin berangkat dengan tujuan Ternate.

KM AL-Kudais semestinya berkapasitas penumpang 500 orang. Maka, sebagai alternatif bagi penumpang yang tidak memiliki tiket, diberikan kesempatan untuk menggunakan kapal tol laut KM Sabuk Nusantara.

Sehingga, kapal dapat bertolak ke Kota Ternate dan tiba sekitar pukul 14.00 wit di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Sebelumnya, penumpang arus mudik pengguna transportasi laut pada H-1 dari Pelabuhan Ternate ke berbagai daerah antar-pulau maupun ke luar Malut mencapai 18.365 orang.

Sedangkan penumpang arus mudik dari luar wilayah Malut yang datang ke Kota Ternate mencapai 15.592 orang yang menggunakan transportasi laut kapal Pelni maupun kapal antar-pulau rute Manado-Ternate.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads