alexametrics

7 Menit Siapkan Menu Sahur, Perkuat Keharmonisan Keluarga Saat Puasa

8 April 2021, 13:35:53 WIB

JawaPos.com – Sarapan penting untuk semua orang. Di dalam rumah tangga, sarapan bersama formasi lengkap sekeluarga bisa membangun kedekatan antara anggota keluarga khususnya ibu dan anak.

Dalam semangat #MomenNutella mengajak keluarga untuk lebih semangat saat sahur dengan resep-resep 7 menit. Pentingnya kebersamaan selama sarapan juga disampaikan oleh psikolog, Ayoe Sutomo.

Menurutnya, kebersamaan keluarga bisa didapat melalui bonding time, sebaiknya dilakukan secara teratur walaupun dalam waktu singkat. Bahkan 7-menit pun cukup, karena yang lebih penting adalah kualitasnya. Membangun ikatan di saat santapan pertama di pagi hari dan proses persiapan hidangan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun rencana, mengembangkan kemampuan emosional, kognitif dan motorik.

“Kita bisa bilang ke si kecil bahwa kita akan mempersiapkan santapan yang spesial untuk sahur keesokan harinya, untuk membuat anak-anak lebih semangat bangun pagi. Kita juga bisa libatkan mereka dalam proses persiapan santapan tersebut, atau menata meja makan, dan dengan demikian meningkatkan kemampuan mereka secara emosional, kognitif, dan motorik,” katanya dalam webinar baru-baru ini.

Celebrity Chef Devina Hermawan mengatakan, sarapan adalah santapan yang penting karena membantu mempersiapkan fisik menjalani hari. Tentunya, mempersiapkan santapan sahur yang tepat juga menjadi sangat penting saat Ramadan.

“Mempersiapkan santapan pertama di pagi hari, seperti sahur, kadang-kadang mungkin lebih repot, karena waktu kita terbatas dan saat sahur kita perlu menyemangati anak untuk mau bangun pagi. Karena itu, cukup resep 7-menit akan menambah kebersamaan keluarga saat sahur. Resep-resep ini begitu praktisnya sehingga akan ada lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan bahkan anak-anak juga bisa ikut mempersiapkan,” kata Chef Devina Hermawan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads