JawaPos Radar

Lebaran 2018, PT KCI Prediksi Lonjakan Penumpang Sebesar 8 Persen

07/06/2018, 22:00 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Lebaran 2018, PT KCI Prediksi Lonjakan Penumpang Sebesar 8 Persen
Konferensi Pers PT KCI Persiapan Menjelang Lebaran, Kamis (7/6). (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan rekor volume penumpang tertinggi mencapai 1,15 juta penumpang pada Senin (14/5). Sepanjang sejarah KRL Jabodetabek, ini merupakan angka tertinggi untuk jumlah pengguna yang terlayani dalam satu hari.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti mengungkapkan rata-rata penumpang saat ini mencapai 1 juta penumpang per hari atau tumbuh hingga 132 persen dibanding tahun 2013, yang hanya mencapai 431.886 penumpang per hari.

"Jadi kalau memperhatikan pertumbuhan penumpang pada musim angkutan Lebaran tiap tahunnya, tercatat H-7 sampai dengan H+7 musim Lebaran tahun 2016, kita berhasil melayani 9,9 juta penumpang," ujar Wiwik di Aroma Sedap, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/6).

Lebaran 2018, PT KCI Prediksi Lonjakan Penumpang Sebesar 8 Persen
KRL. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

"Sedangkan pada H-7 sampai dengan H+7 musim Lebaran tahun 2017, kita berhasil melayani 11 juta penumpang atau meningkat 10,4 persen dari tahun sebelumnya," sambungnya.

Wiwik melihat dari pertumbuhan penumpang dan tren pertumbuhan setiap musim Lebaran, dirinya memprediksi musim Lebaran tahun ini jumlah pengguna KRL akan meningkat setidaknya 8 persen dari tahun 2017.

"Ya kita baru prediksikan ya, belajar dari tahun lalu kita kali-kalikan ya 8 persen lonjakan kenaikannya atau 1,3 juta penumpang," terangnya.

Sebagai antisipasi padatnya lalu lintas kereta karena bertambahnya jadwal perjalanan kereta jarak jauh, Wiwik menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir karena koordinasi antara PT KAl Daop 1 Jakarta dan PT KCl akan terus dilakukan dengan rekayasa pola operasi.

"Musim Lebaran tahun ini, PT KCl tetap akan mengoperasikan 928 perjalanan KRL per harinya. Jumlah ini tidak ada perubahan dibanding hari-hari biasanya," tuturnya.

Selain itu, Wiwik akan melakukan pengawasan  internal bagi para masinis melalui pemantauan yang ketat saat pra dinas, berdinas, dan pasca dinas. Dengan memperhatikan waktu istirahat yang cukup dan menjaga kondisi fisik masinis agar tetap prima.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up