alexametrics

Jelang Arus Mudik, Stasiun Balapan Siagakan Anjing Pelacak

7 Juni 2018, 16:39:53 WIB

JawaPos.com – Stasiun Balapan Solo sudah melakukan persiapan pengamanan menghadapi arus mudik dan balik, sejak beberapa hari lalu. Untuk pengamanan, pihak stasiun menggandeng pihak aparat dari Polri dan TNI. Penyiagaan anjing pelacak dan juga alat pemeriksa kendaraan yakni mirror juga sudah dilakukan.

Kepala Stasiun Balapan, Suharyanto menjelaskan, peningkatan pengamanan ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para pemudik. Mengingat, nantinya akan terjadi peningkatan jumlah pemudik yang melalui stasiun Balapan.

“Anjing pelacak itu diterjunkan oleh pihak kepolisian untuk pengamanan, dan mulai hari ini juga sudah diberlakukan pemeriksaan mobil menggunakan mirror,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan, selain peningkatan keamanan juga disiagakan sejumlah posko. Diantaranya, posko keamanan, pelayanan dan juga posko kesehatan. Posko ini bisa dimanfaatkan oleh para pemudik yang menggunakan jalur kereta api.

“Untuk pelayanan arus mudik nanti, kami juga akan melakukan penambahan personel. Ini dilakukan karena akan terjadi peningkatan saat jam keberangkatan dan jam kedatangan,” ucapnya.

Ada tiga sampai empat personel yang akan ditambahkan dalam setiap jam pemberangkatan dan kedatangan. Disinggung mengenai jumlah penumpang sampai saat ini, Suharyanto mengatakan, sampai saat ini belum ada peningkatan. Dia memperkirakan peningkatan baru akan terjadi mulai Jumat (8/6) pagi.

“Kalau sekarang masih biasa atau tidak ada kenaikan jumlah penumpang, kemungkinan besok pagi baru ada kenaikan. Kalau untuk arus mudik dan balik nanti peningkatan diperkirakan mencapai hampir 50 persen,” katanya.

Jika rata-rata setiap hari ada 3000 penumpang, nantinya jumlah penumpang bisa mencapai 5000 penumpang setiap harinya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Jelang Arus Mudik, Stasiun Balapan Siagakan Anjing Pelacak