JawaPos Radar

Gunakan KRL Saat Lebaran, Perhatikan Hal-hal Ini

07/06/2018, 21:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Gunakan KRL Saat Lebaran, Perhatikan Hal-hal Ini
KRL. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memahami sebagian besar pengguna KRL saat Lebaran adalah pengguna yang tidak rutin naik KRL. Oleh sebab itu, PT KCI meminta para penumpang lebaran memprihatikan hal ini.

Menurut pantauan dari Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayati biasanya para pengguna juga berjalan dalam kelompok maupun rombongan bersama keluarga dan kerabat. Tujuan para pengguna utamanya untuk bersilaturahmi ke saudara dan mengunjungi tempat-tempat wisata.

Maka dari itu, Wiwik perlu menekankan beberapa hal agar perjalanan bersama keluarga tetap aman dan nyaman. Paling utama, prioritaskan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang sudah penuh, dan bersabar mendahulukan penumpang yang turun dari kereta,

"Ini yang penting mengawasi selalu putra dan putrinya, menjaga barang bawaan, serta selalu menuggu KRL di belakang garis aman peron yang berwarna kuning," jelas Wiwik di Aroma Sedap, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/6).

Wiwik menyampaikan pengguna KRL perlu menjaga kebersihan agar seluruh pengguna kereta tetap merasa nyaman. Dalam hal ini partisipasi dari para pengguna dengan tidak makan, minum, dan membuang sampah di dalam KRL sangat penting.

"Tolong sekali untuk sampah diperhatikan, sebaiknya jika masih di dalam KRL sampah bisa disimpan sampai menemukan tempat sampah di stasiun tujuan," tuturnya.

Terakhir, Wiwik pun meminta para pengguna KRL selalu menjaga ketertiban bersama dengan memahami dan mengikuti aturan serta tata tertib yang ada dalam menggunakan KRL.

Aturan tersebut termasuk pembelian dan penggunaan tiket, ukuran barang bawaan, serta selalu memberikan tempat duduk bagi para pengguna prioritas (ibu hamil, ibu dengan bayi dan balita, orang lanjut usia, serta pengguna dengan disabilitas). 

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up