alexametrics
Ramadan di Italia

Masih Pandemi Covid-19, KBRI Roma Gelar Nuzulul Quran Secara Virtual

6 Mei 2021, 17:49:23 WIB

JawaPos.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma bersama diaspora Muslim Indonesia menggelar pengajian dan doa bersama secara virtual untuk memaknai Nuzulul Quran. Acara yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional itu diikuti lebih dari 50 keluarga WNI, mahasiswa dan diaspora Indonesia di berbagai kota di Italia (Roma, Milan, Turin, Venice, dan lainnya), serta peserta lintas negara.

“Surat pertama yang turun dalam Alquran yaitu Al Alaq, berbunyi ‘Iqra (Bacalah), dengan menyebut nama Tuhan-mu yang menciptakan’. Tentunya perintah Allah Swt tersebut sangat terkait dengan perintah membaca, berpikir, meneliti, terkait dengan pengajaran serta pendidikan,” kata Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andyani saat membuka acara yang menghadirkan penceramah Dr. KH. Ahmad Ikhwani, Lc., MA, alumnus Universitas Al Azhar Cairo dan dosen UIN Raden Intan, Lampung.

Selanjutnya, Dubes Esti mengimbau seluruh WNI dan diaspora Indonesia untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, serta tetap menjaga kewaspadaan dan menaati seluruh ketentuan/peraturan penanganan Covid-19.

Dengan mencermati perkembangan media sosial saat ini, Dubes juga mengingatkan seluruh pihak untuk tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, dan menggunakan media sosial secara bijak, menghindari komentar dan penyebaran informasi hoaks, provokatif, mengadu domba, saling merendahkan dan menjelekkan, serta tindakan-tindakan negatif lainnya.

Sementara itu, Dr. KH Ahmad Ikhwani menjelaskan berbagai hikmah Nuzulul Quran dikaitkan dengan pandemi Covid-19, misalnya pentingnya pendidikan, menjaga kesabaran, rasa syukur, tolong menolong dan bekerja sama, serta pentingnya menjalankan prioritas-prioritas kehidupan.

“Ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak disebutkan obyeknya secara khusus, sehingga perintah “membaca” tersebut tentunya memiliki dimensi yang sangat luas”, jelasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads