alexametrics
Kembali ke Fitrah

Lebaran, Ketua KY Rindu Sambal Goreng dan Tape Ketan Khas Kuningan

Lebaran 2019
5 Juni 2019, 19:00:15 WIB

JawaPos.com – Setelah berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan, perayaan Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Tradisi ini dilakukan masyarakat Indonesia pada umumnya, tak terkecuali oleh Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat 1965 ini teringat masa kecilnya saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Lahir dari keluarga berlatar belakang religius tak membuat pudar Jaja untuk melakukan ziarah kubur yang bertepatan pada momentum perayaan hari raya.

“Tentunya saya mudik, kebetulan orang tua masih ada. Di kampung halaman mengunjungi saudara, tetangga dan kemudian ziarah ke almarhum kakek dan nenek,” kata Jaja kepada JawaPos.com, Rabu (5/6).

Setiap pulang ke kampung halaman di Kuningan, Jawa Barat, kata Jaja, sang ibunda selalu menyiapkan makanan favoritnya sejak kecil. Ini yang selalu ingin pulang ke kampung halaman setiap perayaan hari raya Idul Fitri.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pasundan ini menyebut, makanan favoritnya dari kecil hingga saat ini adalah sambal goreng khas kuningan dan tape ketan. Menurutnya, sang ibunda selalu menyiapkan sajian tersebut setiap perayaan lebaran.

“Saya senangnya itu sambal goreng khas kuningan ya, dan tape kuningan, tape yang dibuat dari ketan. Ibu kalau saya pulang selalu buat itu,” ucap Jaja.

Ketua KY periode 2018-2022 ini mengaku bukan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha saja pulang ke kampung halaman. Sebagai anak yang berbakti, Jaja mengaku selalu menyediakan waktu luang untuk menjenguk orang tuanya yang berada di Kuningan, Jawa Barat.

“Tentunya saya mudik kebetulan orang tua masih ada. Walaupun tidak hanya lebaran saya mudik, tapi hari libur juga saya suka pulang ke kampung,” jelas Jaja.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads