alexametrics
Kembali ke Fitrah

Ingat Masa Kecil, Ketua KPK Bahagia Dibelikan Baju Baru Saat Lebaran

Lebaran 2019
5 Juni 2019, 20:00:37 WIB

JawaPos.com – Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia pada umumnya untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, setelah berpuasa selama satu bulan di bulan Ramadan. Tradisi tahunan ini juga dilakukan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo.

Mantan Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini melangsungkan mudik ke Magetan, Jawa Timur. Dia mengaku akan mudik bersama keempat orang anaknya yang saat ini sudah berkeluarga.

“Sama seperti masyoritas masyaarakat Indonesia lainnya, sekarang mudik serombongan lima keluarga,” kata Agus kepada JawaPos.com, Rabu (5/6).

Saat hari kemenangan tiba, pria kelahiran Magetan, Jawa Timur 1956 ini mengaku teringat masa kecilnya sewaktu tinggal di desa. Agus mengaku sangat bahagia ketika mendapatkan baju baru saat lebaran dari orang tuanya.

Tak hanya sepotong baju baru, Agus juga merasa bahagia ketika diberikan uang dari tetangganya yang nilainya tidak seberapa. Menurutnya, bukan nilainya yang lebih utama melainkan tali silaturahmi yang terjalin.

“Sedikit uang (tidak diamplopi) bukan nilainya, tapi hubungan silaturahmi,” ucapnya.

Perayaan Idul Fitri pun menjadi momentum saling memaafkan di hari yang suci. Setelah satu bulan berpuasa untuk memperkuat ketakwaan, pada hari lebaran pun dapat merekatkan hubungan antara orang tua dengan anak.

“Idul Fitri, kesempatan sungkem kepada punjer (ibu) kami,” jelasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan