alexametrics
Kembali ke Fitrah

Bertugas saat Lebaran, Eva Chairunisa Dapat Dukungan Penuh Keluarga

5 Juni 2019, 13:30:11 WIB

JawaPos.com – Momen Hari Raya Idul Fitri menjadi yang sangat dinantikan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, di kesempatan itu, mereka biasa berkumpul dengan semua anggota keluarga di kampung halaman, sembari menikmati hidangan-hidangan khas lebaran.

Namun, nyatanya tidak semua orang bisa menikmati momen seperti itu. Adapula yang harus berjibaku dengan rutinitas pekerjaannya. Seperti yang dialami oleh Eva Chairunisa dengan jabatan barunya sebagai Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta.

Di pekerjaan barunya ini Eva mengaku menjadi semakin padat pekerjaannya. Karena momen lebaran menjadi salah satu hajat besar bagi PT KAI. Pasalnya mode transportasi kereta menjadi salah satu primadona masyarakat yang hendak pulang kampung. “Lebih padat pastinya karena kalau di holding lebaran jadi salah satu momen terbesar di KAI. Karena pengelolaan KA jarak jauh ada di sini,” ujar Eva kepada JawaPos.com, Rabu (29/5).

Dalam situasi seperti ini, Eva menilai dukungan keluarga menjadi begitu penting. Dia pun berusaha sebaik mungkin untuk membagi waktu antara karir dan keluarga terutama buah hatinya.

Support dari keluarga sangat penting. Dengan keluarga tetap ada pembagian waktu khusus semaksimal mungkin, disaat free secara full digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga,” imbuhnya.

Di waktu senggangnya terutama saat bulan Ramadan Eva biasa dimanfaatkan bersama keluarga. Biasanya dia melakukan buka puasa bersama ataupun tarawih bersama anaknya.

Mantan Vice President Komunikasi PT KCI Jabodetabek itu juga sebisa mungkin mengajak buah hatinya ngobrol-ngobrol. minimal untuk sekedar berbagi cerita, supaya anak tetap merasa diperhatikan sekalipun ibunya dalam rutinitas yang padat. Hal itu biasa dimaksimalkannya pada waktu sahur.

“Karena kebetulan anak juga sedang memasuki masa libur, kadang anak-anak kita agendakan menghabiskan waktu didekat tempat saya beraktifitas sehingga momen buka bersama tetap bisa dijalani disela-sela waktu beraktifitas,” sambung Eva.

Mantan jurnalis itu mengatakan, untuk lebaran kali ini rencananya akan menjalankan salat ied bersama keluarganya. Dia akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyeimbangkan jadwal kerja dengan waktu bersama keluarga. “InsyaAllah iya (salat ied bareng keluarga). Pengaturan waktu yang cukup ketat memang harus pintar-pintar supaya semuanya bisa balance atau seimbang,” jelasnya.

Tak afdol jika momen lebaran nanti tidak diisi dengan menu khas hari raya. Oleh karena itu, Eva juga biasa menyajikan hidangan khusus untuk keluarganya. Menu andalannya antara lain rendang paru atau daging, sambal goreng ati, ayam opor dan oseng cakalang.

Sesibuk apapun pekerjaannya, Eva selalu menyempatkan untuk menyiapkan makanan itu. Biasanya dia mencicil untuk persiapan memasaknya. Sehingga tidak kerepotan saat hari H tiba. “Satu lagi, kadang saya sempatkan juga mengajak anak-anak mengisi ketupat bareng. Meskipun jumlahnya tidak banyak tapi setidaknya ada aktifitas yang melibatkan saya dan anak-anak bersama menyiapkan lebaran,” pungkas Eva.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan