alexametrics

Ngabuburit di Terminal, Menkes: Mudik Harus Sehat, Aman, dan Selamat

5 Juni 2018, 18:21:13 WIB

JawaPos.com – Tradisi mudik sudah menjadi agenda tahunan masyarakat Indonesia. Tentunya, keselamatan menjadi poin utama dalam perjalanan agar bisa berkumpul bersama keluarga. Tak hanya itu, kesehatan pun patut diperhatikan.

Bertempat di Terminal Kampung Rambutan, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengimbau masyarakat agar mudik aman, nyaman, dan selamat. Nila menjumpai para calon pemudik, sopir, hingga blogger.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama Pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini dengan bersama-sama memperhatikan kesehatan dan keselamatan masing-masing,” ujar Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dalam acara Ngabuburit Sehat Bareng Menteri Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa sore (5/6).

Menteri Nila berdialog dengan para pengemudi bus antar kota serta para perwakilan komunitas mobil dan motor. Salah seorang pengemudi bus, Ujang asal garut, pengemudi bus tujuan Balaraja mengatakan bahwa motivasi terkuat agar selalu mempersiapkan diri sebelum berangkat adalah karena sayang kepada keluarga.

“Saya sayang istri dan anak, Bu. Kita punya keluarga, makanya kita cari selamat,” kata Ujang.

Menteri Nila memuji kalimat tersebut dan mengatakan bahwa kesadaran tersebut perlu diteladani oleh setiap pengemudi. Namun dia juga menitipkan keselamatan penumpang.

“Bagus sekali Bapak Ujang, keselamatan merupakan hal yang tidak hanya diinginkan oleh pengemudi, namun juga merupakan hak para penumpang,” kata Menteri Nila.

Sebelum mengakhiri kunjungan, dia meninjau ruang kesehatan dan ibu menyusui yang berada di Terminal Kampung Rambutan. Tidak hanya imbauan untuk Mudik Sehat, Aman dan Selamat, demi kelancaran gelaran mudik lebaran tahun ini, fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) dan pos kesehatan di beberapa titik pun dihadirkan.

“Saya titip sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. Namun, bilapun terpaksa harus menggunakan sepeda motor, harus membatasi barang bawaan dan menjadwalkan istirahat,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Ngabuburit di Terminal, Menkes: Mudik Harus Sehat, Aman, dan Selamat