alexametrics

Tekstur Lembut dan Manis, Bongko Kopyor Khas Gresik Selalu Jadi Buruan

5 April 2022, 22:35:21 WIB

JawaPos.com- Berbukalah dengan yang manis. Nah, salah satu yang manis itu adalah bongko kopyor,  yang bisa sebagai alternatif pilihan berbuka puasa. Takjil segar khas Gresik, Jawa Timur. Banyak dijajakan pedagang saat Ramadan.

Bongko kopyor merupakan singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Dialek Jawa kemudian lebih familiar menyebutnya bongko kopyor. Memang, bahannya dari buah nangka, bubur mutiara, serutan kelapa, irisan roti tawar, potongan pisang. Lalu, dibungkus dengan daun pisang.

Saat Ramadan seperti sekarang, bongko kopyor di Gresik menjadi salah satu yang diburu. Di sejumlah tempat, dengan mudah ditemui. Sebut saja di sepanjang jalan utama Gresik Kota Baru (GKB) atau Jalan Raya Permata PPS, Manyar. Biasanya bongko kopyor dijajakan para pedagang bersepeda motor. Mereka antara warga dari Mengare, Bungah, dan sekitarnya.

Harga per bungkus sekitar Rp 10 ribu. Pada Ramadan tahun lalu, harganya masih Rp 9 ribu. ‘’Naik karena mengikuti harga bahan-bahannya,’’ ungkap Abdul Malik, salah seorang pedagang yang biasa mangkal di kompleks Perumahan PPS, Selasa (5/4).

Bongko kopyor sepintas tak ubahnya dengan bongko biasa. Bongko kopyor juga mirip dengan bubur sumsum. Proses membuatnya sama-sama dikukus. Hanya, tekstur bongko kopyor lebih encer dibandingkan bongko biasa. Cita rasa unik. Lebih lembut. Terasa gurih di lidah.

Setiap hari, Malik menjajakan sebanyak 50-100 bungkus bongko kopyor setiap hari. Dia juga menjual kerupuk ikan khas. Baik yang digoreng dengan minyak ataupun dengan pasir. ‘’Alhamdulillah, bongko kopyor seringkali habis,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: