alexametrics

Pilihan Berbuka dengan Mi Bandeng Khas Gresik

5 April 2022, 10:00:59 WIB

JawaPos.com- Memasuki bulan suci Ramadan, di jalanan Gresik kerap dijumpai beragam menu berbuka puasa. Tak jarang menu makanan atau minuman itu memiliki kekhasan Gresik. Misalnya, mi olahan bandeng di Gresik Kota Baru (GKB).

Mi olahan berbahan baku bandeng tersebut bisa menjadi alternatif menu berbuka puasa. Selain segar karena kuah yang ditaburi abon bandeng, mi yang menjuarai lomba inovasi tingkat nasional itu memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Apabila tertarik, masyarakat bisa mencicipi mi bandeng di Jalan Kalimantan GKB. Cukup merogoh kocek Rp 10 ribu, bisa makan mi bandeng plus es manis. Tampilan dan rasanya pun menarik. Mi berbentuk pipih yang dilumuri kuah panas seketika dapat menggugah gairah makan. Apalagi, mi bandeng itu dilumuri topping abon yang juga berbahan bandeng.

Lalu, bagaimana pembuatannya? Kikis Rohana, sang pemilik, memilih bahan baku bandeng dari Mengare. Menurut dia, bandeng dari Mengare berbeda dengan bandeng lain yang berbau tanah. Proses pertama, bahan baku bandeng itu difilet atau dihilangkan durinya. Dilanjutkan dengan proses towing untuk menghilangkan pembekuan dari freezer.

Kemudian, bandeng ditimbang untuk mengukur komposisi produk. Komposisi yang pas lantas diblender bersama tepung. Adonan yang keluar berupa lembaran itu dicetak dengan mesin noodle maker. Barulah masuk proses oven selama dua jam. ’’Selesai, tinggal dikemas,’’ ucap perempuan 49 tahun tersebut.

Awalnya, pada 2016, produk itu hanya mi biasa tanpa campuran bandeng. Namun, karena Gresik memiliki potensi bandeng yang tinggi, muncul ide mi bandeng. Selain bahan bakunya melimpah, Kikis menyebut kandungan gizi pada bandeng juga tinggi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c18/diq

Saksikan video menarik berikut ini: