alexametrics

Siapkan Hidangan Lebaran dengan Resep Semur Daging Gula Asam

4 Juni 2019, 15:02:12 WIB

JawaPos.com – Ketupat Lebaran biasanya disajikan dengan opor atau rendang. Menu lainnya yang biasa mendampingi ketupat adalah semur daging, biasa disajikan masyarakat Betawi atau Jawa. Semur daging ternyata bisa dibuat dengan cita rasa yang berbeda tak hanya manis gurih.

Di tangan Sous Chef Aston Priority Simatupang Hotel and Conference Center Agus Setiawan, semur dibuat dengan cita rasa manis asam. Ternyata rahasianya ada di balik gula asam yang digunakan saat memasak.

“Semur gula asam menggunakan gula asam. Sehingga rasanya lebih segar, beda dengan semur biasa,” kata Chef Agus kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Semur gula asam memiliki ciri khas menggunakan bumbu putih dengan rasa yang gurih. Bumbu putih terdiri dari hasil tumisan kemiri, bawang putih, bawang merah, merica, sedikit jahe dan garam. Bumbu ini bisa dipakai untuk membumbui tumisan, ayam goreng, dan semur

“Rahasianya di bumbu putih, gula asam, ketumbar, daun jeruk, dan serai. Daging diaduk terus,” katanya.

Semur daging teman makan ketupat saat Lebaran. (Aston)

Bahan-bahan:
1/2 butir gula merah
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan asem Jawa
1 sendok teh ketumbar
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Bumbu putih
Daun jeruk

Cara Membuat:
Potong daging sesuai selera. Kemudian tumis seluruh bumbu lalu masukkan daging. Diamkan sebentar lalu masukan kecap, asem dan air. Masak daging sampai air menyusut dan sedikit mengental selama 1 jam sampai daging empuk. Tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa. Sajikan hangat bersama ketupat.

Nilai Gizi Daging Sapi

Dilansir dari Healthline, Selasa (4/6), daging sapi memiliki kandungan protein berkualitas tinggi. Daging sapi mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Sebagai bahan pembangun protein, asam amino sangat penting.

Daging sapi juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Makanan yang berasal dari hewan adalah satu-satunya sumber makanan yang baik dari vitamin B12, nutrisi penting yang penting untuk pembentukan darah dan otak serta sistem saraf.

Lalu daging sapi sangat kaya seng, mineral yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Daging sapi merupakan sumber selenium yang kaya, elemen penting bagi tubuh. Serta zat besi yang terkandung juga bisa memberikan energi bagi tubuh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads