alexametrics
Ngabuburit

Empat Abad Berdiri, Masjid Serang Masih Jadi Jujukan Habib di Jatim

4 Mei 2021, 16:17:55 WIB

JawaPos.com–Tidak jauh dari kawasan religi Sunan Ampel Surabaya, berdiri masjid dua lantai di ujung Jalan Pabean. Masjid di lantai dua kawasan pertokoan parfum itu bernama Masjid Serang. Namun, masjid itu lebih dikenal dengan sebutan Masjid Panggung karena berada di lantai atas, lengkap dengan tangga batu di bagian fasadnya.

Masjid yang sudah berusia kurang lebih 4 abad tersebut, merupakan tempat bagi para habib atau turunan Rasulullah yang tinggal di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk beribadah. Tempatnya tidak terlalu luas. Kurang lebih hanya 400 meter persegi, lengkap dengan serambi di bagian timur, utara, dan selatan.

Di lantai satu, hanya ada satu ruangan kecil bagi jamaah yang akan mengambil wudu. Tidak ada tempat bagi jamaah perempuan untuk berwudu. Sebab, masjid ini biasanya hanya digunakan jamaah laki-laki.

”Bukannya perempuan nggak boleh (ke sini), tapi karena masjid ini adalah peninggalan masyarakat Arab. Menurut kebiasaan dan adat masyarakat Arab, perempuan tidak beribadah di masjid,” ujar Mahdi Kresna Al-Haddad, salah satu anggota remaja masjid yang ditemui pada Senin (3/5).

Mahdi menerangkan, Masjid Serang merupakan peninggalan seorang berkebangsaan India yang kemudian diwakafkan kepada seorang habib. Seiring berjalannya waktu, tidak hanya masyarakat India maupun Arab yang melakukan ibadah, namun juga masyarakat sekitar.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads