alexametrics

Sentra Takjil Benhil Kembali Bergeliat, Usai 2 Tahun Tak Beroperasi

4 April 2022, 17:14:33 WIB

JawaPos.com – Setiap bulan suci Ramadan para pedagang musiman yang berjualan takjil mencoba mengambil peruntungan tambahan pendapatan. Salah satunya, Sentra lapak takjil yang berada di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), tepatnya di samping Polsek Metro Tanah Abang Polsub Sektor Bendungan Hilir.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, para pedagang takjil mulai menjajakan dagangannya sejak siang hari. Nur yang merupakan salah satu pedagang takjil gorengan dan minuman segar mengaku, sentra lapak takjil ini baru dibuka kembali tahun ini sejak dua tahun lalu berhenti beroperasi.

“Baru buka lagi ini. Dua tahun nggak ada, ada Korona, sekarang udah pergi kali ya, jadi boleh gelaran takjil lagi,” ujarnya kepada JawaPos.com, Senin (4/4).

Selama dua tahun lalu saat pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan, Nur menjual takjil di lingkungan rumahnya. “Dua tahun kemarin saya jualannya rumah, yang beli tetangga-tetangga sama yang lewat,” ucapnya.

Nur mengatakan, selama dua hari Ramadan berlangsung kawasan tersebut ramai meski tak seramai sebelum pandemi. Nur sendiri bersama Ibu menjual aneka raam gorengan dan minuman segar seperti es buah, salad buah, hingga kolak.

“Ramai alhamdulilah. Ini kan masih siang. Pas mah magrib bisa lebih ramai lagi. Tapi memang nggak seramai dulu. Tapi begini juga Alhamdulilah,” tuturnya.

Di Sentra Takjil Benhil ini banyak pembeli yang berkunjung untuk mencari hidangan berbuka puasa. Meskipun tempatnya tak seluas sebelumnya, namun tetap ramai diserbu para pembeli dengan tetap memakai masker yang menjadi salah satu protokol kesehatan Covid-19.

Dagangan yang dijajakan pun bergam, mulai dari gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, risol, otak-otak, kolak, bihun, putu ayu, combro, lontong. Ada juga laik pauk seperti semur, rendang, aneka lauk jadi. Serta minuman segar seperti es buah, es kelapa, hingga asinan tersedia untuk dihidangkan saat berbuka nanti.

Harganya pun beragam, untuk gorengan dibanderol mulai dari Rp 2.500 per pcs, lauk-pauk atau makanan jadi beragam mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000, dan aneka minuman segar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: